Data Bank Indonesia: Inflasi Sumbar Turun Realisasi 2,47 Persen

×

Data Bank Indonesia: Inflasi Sumbar Turun Realisasi 2,47 Persen

Bagikan berita
Ilustrasi
Ilustrasi

HALONUSA.COM - Data Bank Indonesia mencatat inflasi Sumbar turun dengan realisasi 2,47 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar, Endang Kurnia dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Berdasarkan Berita Resmi Statistik yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, bahwa inflasi gabungan Sumbar pada Desember 2023 tercatat sebesar 0,28% (mtm) atau menurun dibandingkan November 2023 sebesar 0,57% (mtm) ditengah tingginya risiko momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Endang Kurnia Saputra mengatakan secara tahunan, inflasi gabungan Sumatera Barat juga mengalami penurunan dengan realisasi sebesar 2,47% (yoy), dibandingkan periode sebelumnya sebesar 3,14% (yoy).

“Secara spasial, inflasi Sumbar pada Desember 2023 disumbang oleh inflasi Kota Padang dengan nilai realisasi sebesar 0,34% (mtm), mengalami penurunan dibandingkan November 2023 sebesar 0,60% (mtm). Sedangkan Kota Bukitinggi mengalami deflasi sebesar -0,14% (mtm), turun dibandingkan November 2023 yang inflasi sebesar 0,34% (mtm),” kata Endang.

Namun jika diamati secara tahunan, lanjut Endang, laju inflasi kedua kota, Indeks Harga Konsumen (IHK) tersebut mengalami penurunan dengan realisasi Kota Padang sebesar 2,55% (yoy) dan Kota Bukittinggi 1,88% (yoy). Realisasi tersebut membawa inflasi Kota Padang berada pada peringkat ke-56 dan Kota Bukittinggi peringkat ke-81 dari 90 Kabupaten/Kota yang mengalami inflasi di Indonesia.

“Jadi Inflasi gabungan dua kota di Sumatera Barat pada Desember 2023 dipengaruhi oleh kelompok transportasi dengan realisasi inflasi sebesar 1,31% (mtm) dan andil sebesar 0,20% (mtm),” katanya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini