Gagal Panen! 1,5 Hektar Lahan Pertanian di Lubuk Sikaping Pasaman Rusak akibat Luapan Sungai

×

Gagal Panen! 1,5 Hektar Lahan Pertanian di Lubuk Sikaping Pasaman Rusak akibat Luapan Sungai

Bagikan berita
Lahan pertanian di Lubuk Sikaping Pasaman rusak akibat luapan sungai. (Foto: istimewa)
Lahan pertanian di Lubuk Sikaping Pasaman rusak akibat luapan sungai. (Foto: istimewa)

HALONUSA.COM - Gagal panen! 1,5 hektar lahan pertanian di Lubuk Sikaping Pasaman rusak akibat luapan sungai.

Luapan sungai itu tepatnya terjadi di Jorong Kampung Padang Paraman Dareh, Nagari Aia Manggih Barat, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Sawah tersebut sudah ditanami padi itu rusak dihantam luapan air sungai yang terjadi pada Sabtu malam, 14 Oktober 2023 sekitar pukul 19.00 Wib.

Kepala Jorong Kampung Padang Paraman Dareh, Israhayu mengatakan, sebagian dari padi mengalami kerusakan tersebut adalah tanaman yang sudah dekat dengan masa panen sehingga mengalami kerugian bagi petani.

"Dampaknya ke sawah masyarakat, gagal panen, sudah rata dengna tanah, ini satu Minggu mau panen, padinya sudah menguning," katanya.

Sementara itu di lokasi juga terlihat sejumlah warga yang sedang bergotongroyong untuk memperbaiki aliran sungai karena luapan sungai tersebut juga menyebabkan terjadinya peralihan arus sungai yang langsung mengarah ke persawahan milik warga. Perbaikan dilakukan dengan peralatan seadanya.

Oleh sebab itu warga berharap bantuan dari pemerintah setempat untuk menanggulangi peralihan arus sungai tersebut karena normalisasi sungai tidak mungkin
dilakukan dengan cara manual.

Salah seorang warga, Beni Fitria mengatakan, sebelumnya air sungai ini lurus kemungkinan ada yang menghalang di sana dan terjadi perpecahan arusnya yang menimpa persawahan.

"Padi di sini ada yang mau panen, ada yang mau baru padi. Jadi warga kebanyakan agak kewalahan. Kita goro untuk memperbaiki sungai dengan cara manual," katanya. (*)

Editor : Tisya
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini