Kekeringan Akibat Kemarau, BPBD Padang Salurkan Air Bersih kepada Warga di Kelurahan Batang Harau

×

Kekeringan Akibat Kemarau, BPBD Padang Salurkan Air Bersih kepada Warga di Kelurahan Batang Harau

Bagikan berita
Warga menampung air bersih bantuan dari BPBD Kota Padang. (Foto: Istimewa)
Warga menampung air bersih bantuan dari BPBD Kota Padang. (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM - Sebanyak 500 kepala keluarga terdampak kekeringan akibat musim kemarau di kelurahan Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Menyikapi hal tersebut, BPBD Kota Padang menyalurkan 5000 liter air bersih untuk membantu warga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sejumlah petugas dari BPBD kota Padang mengerahkan satu unit mobil tangki air bersih berkapasitas 5000 liter kepada warga yang terdampak kekeringan di kelurahan Batang Harau, Jumat 16 Juni 2023.

Sebanyak lebih dari 500 kepala keluarga di kelurahan ini kesulitan air bersih, semenjak seminggu terakhir akibat sumber air bersih yang biasanya berasal dari perbukitan mengalami kekeringan.

Salah seorang warga, Yeni menjelaskan, sudah seminggu terakhir sumber air bersih di puncak bukit alami kekeringan. dan wargapun sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

"Sudah seminggu kami kesulitan mendapatkan air bersih, untuk kebutuhan sehari-hari pun penggunaan air bersih pun kami harus berhemat," tuturnya.

Sementara itu, Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Al Bana menyebutkan dampak dari kekeringan tersebut diduga disebabkan oleh fenomena El Nino.

Pihaknya bersama perusahan air minum padang mengantar dan menyalurkan bantuan satu unit mobil tangki berkapasitas 5000 liter untuk memenuhi kebutuhan warga sehari- hari.

"Selama kekeringan, mobil tangki pengangkut air akan diantar ke lokasi ini setiap harinya," tutupnya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini