Bawaslu Sumbar Deklarasikan Pemilu Damai 2024 Anti Hoaks dan Politik Uang

×

Bawaslu Sumbar Deklarasikan Pemilu Damai 2024 Anti Hoaks dan Politik Uang

Bagikan berita
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat menyatakan deklarasi Pemilu damai, yang melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti partai politik, organisasi masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, adat, agama, dan pers.

Ketua Bawaslu Sumbar Alni juga mengatakan agar Pemilu mendatang berjalan baik dan tanpa diiringi pemberitaan hoaks.

"Kita deklarasikan Pemilu damai dengan tujuan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperi pemberitaan hoaks, politik uang dan lainnya," kata Ketua Bawaslu Sumbar, Alni kepada wartawan, Rabu 15 Februari 2023.

Dalam deklarasi Pemilu damai tersebut, Alni menyebutkan bahwa terdapat ikrar untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Selanjutnya, mereka juga berkomitmen untuk mendukung Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, serta bebas dari hoaks, ujaran kebencian, politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta politik uang.

Alni mengakui bahwa berdasarkan pengalaman Pemilu pada periode sebelumnya, terdapat potensi pelanggaran yang meliputi penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan bahkan praktik politik uang yang sering terjadi pada saat menjelang kampanye hingga hari pencoblosan.

"Biasanya jelang kampanye hingga pencoblosan itu merupakan waktu yang rawan terjadi pelanggaran. Kita imbau hal itu jangan sampai terjadi," kata Alni.

Alni mengatakan jika terjadi hal seperti itu lagi, pihaknya meminta masyarakat melaporkannya ke Bawaslu agar bisa diproses.

"Kita sudah buat saluran pengaduannya melalui ruang digitalisasi yang bernama Jemarimu Awasi Pemilu lalu ada Pojok Pengawasan hingga tingkat kecamatan," kata Alni. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini