Info Terbaru CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka di Bulan April? Berikut Penjelasannya

×

Info Terbaru CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka di Bulan April? Berikut Penjelasannya

Bagikan berita
Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Foto: smkmucirebon.sch.id)
Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Foto: smkmucirebon.sch.id)

HALONUSA.COM - Beredar kabar bahwa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun 2023 ini akan dibuka pada bulan April mendatang, benarkah?

Kabar tersebut juga diiringi dengan penerimaan CPNS akan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka pada tahun 2023.

Beberapa formasi rekrutmen CPNS 2023 prioritas bakal dibuka nantinya. Pemerintah juga bakal membuka rekrutmen untuk PPPK untuk mengisi kekurangan tenaga guru dan teknis lainnya.

"Pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2023," ungkap Abdullah.

Khusus seleksi CPNS 2023, Abdullah mengungkapkan, prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan sejumlah profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, dan juga tenaga teknis tertentu.

Rekrutmen juga dibuka untuk data scientist, talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 yang mengatur tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

CPNS 2023 dibuka untuk sejumlah talenta digital ini bertujuan agar negara bisa cepat beradaptasi sehingga tak tergerus jaman.

Sementara, bagi jabatan yang terdampak oleh adanya transformasi digital mulai dikurangi rekrutmen jabatannya.

Sampai saat ini, pemerintah sedang melakukan analisis jabatan untuk mengetahui jabatan mana saja yang terdampak perkembangan digital.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini