Menatap Pemilu 2024, KPU Sumbar dan Kabupaten Kota Gelar Rapat Konsilidasi bersama Ketua KPU RI 

×

Menatap Pemilu 2024, KPU Sumbar dan Kabupaten Kota Gelar Rapat Konsilidasi bersama Ketua KPU RI 

Bagikan berita
KPU Sumbar dan kabupaten kota gelar rapat konsilidasi bersama KPU RI. (Foto: Humas KPU Sumbar)
KPU Sumbar dan kabupaten kota gelar rapat konsilidasi bersama KPU RI. (Foto: Humas KPU Sumbar)

HALONUSA.COM - Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Barat dan kabupaten kota gelar rapat konsolidasi di Imelda Hotel Padang, Senin (7/11/2022).

KPU mempunyai kewenangan yang besar dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Maka itu, yang sangat penting dipegang erat adalah azas akuntabilitas dan transparansi serta penuh tanggungjawab sebagai penyelenggara pemilu mengingat godaannya juga besar.

“Nah, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan yang luas, tentu rawan terjadinya penyelewengan. Karena itu, azas akuntabilitas dan transparansi harus dipegang kuat sebagai pihak yang diberi tanggungjawab dalam menyelenggarakan pemilu, agar nantinya tidak menjadi pihak-pihak yang terlapor,” tegas Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari yang tampil sebagai keynote speaker.

Terkhusus soal tata kelola keuangan, Hasyim minta kepala sekretariat untuk melaporkan secara rutin dan transparan, jangan ada yang ditutupi. Begitu juga dengan koordinator-kordinator divisi agar juga memaparkan kegiatanny secara terbuka dalam rapat yang digelar setiap bulannya.

“Karena, semua kegiatan masing-masing divisi itu, pihak luar hanya tahu bahwa hal itu merupakan kerja dan tanggungjawab KPU secara kelembagaan bukan individu-individu,” kata Hasyim.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPU Sumbar dan KPU Kabupaten Kota baru saja menyelesaikan verifikasi faktual Partai Politik peserta Pemilu 2024, dan proses itu berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, di KPU Sumbar dan KPU kabupaten kota, tidak ada temuan dalam pelaksanaan verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu 2024," katanya.

"Kita berharap, hal yang sama juga terdapat pada tahapan-tahapan berikutnya. Semoga tidak ada laporan sehingga prosesnya bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Yanuk.

Yanuk juga menambahkan tantangan dalam menyukseskan pemilu 2024, sangat berat. Karena itu, dibutuhkan kerjasama dan kekompakan seluruh anggota KPU, utamakan pola kolektif kolegial.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini