Ini Pusat Gempa Bumi 5,4 yang Guncang Pesisir Barat Sumatera

×

Ini Pusat Gempa Bumi 5,4 yang Guncang Pesisir Barat Sumatera

Bagikan berita
Logo BMKG. (Foto: Istimewa/Dok. bmkg.go.id)
Logo BMKG. (Foto: Istimewa/Dok. bmkg.go.id)

HALONUSA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa magnitudo 5,4 (sebelumnya 5,6) terjadi di 42 kilometer Barat Daya Air Rami, Kabupaten Muko-muko, Bengkulu.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Kamis (8/9/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Hasil analisis mekanisme sumber, kata Daryono, menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Ketahun, Muko-muko, Kerinci dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Argamakmur dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian, daerah Kepulauan Mentawai dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 01.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Informasi resmi gempa bumi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, Instagram/Twitter dengan nama pengguna @infoBMKG).

Laman www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini