Dua Petugas Pemadam Kebakaran di Aceh Tumbang, Asap Api Suzuya Mall Sumbat Paru-Paru

Ă—

Dua Petugas Pemadam Kebakaran di Aceh Tumbang, Asap Api Suzuya Mall Sumbat Paru-Paru

Bagikan berita
Pusat perbelanjaan Suzuya Mall di Jalan T. Umar Gampong Setui Kecamatan, Baiturrahman Kota Banda Aceh kembali terbakar, Senin (4/4/2022).
Pusat perbelanjaan Suzuya Mall di Jalan T. Umar Gampong Setui Kecamatan, Baiturrahman Kota Banda Aceh kembali terbakar, Senin (4/4/2022).

HALONUSA.COM – Menghirup asap saat memadamkan api di pusat perbelanjaan Suzuya Mall di Banda Aceh, Aceh yang terbakar itu. Petugas melarikan dua anggota pemadam kebakaran ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Ketebalan asap membuat paru-paru petugas tersumbat. "Keduanya kami larikan ke IGD Rumah Sakit setelah keluar dari kepungan asap saat memadamkan api. Mereka tumbang saat itu," kata Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPP) Banda Aceh, Nasri, Rabu, 6 April 2022.

Petugas pemadam kebakaran itu pun menginap di rumah sakit, satu dari keduanya masih belum sadar dan tengah berada di di IGD, papar Nasri kepada Halonusa.com.

Terberitakan bahwa Suzuya Mall Banda Aceh di Aceh terbakar Senin 4 April 2022. Api berhasil pada pada pukul 16.00 WIB, kemudian kembali terbakar parah setelah waktu berbuka puasa.

Api kembali menjalar ke bagian kiri depan bangunan. Api juga telah menghanguskan sisi kiri depan bangunan Suzuya Mall tepatnya dilantai dua dan tiga.

Namun setelah pihak pemadam berjibaku memadamkan api, sekira pukul 00.30 WIB api dapat sudah terkendali. Walau demikian, ledakan membuat warga sekitar terkejut saat waktu sahur.

Hingga petugas kembali melakukan pengecekan untuk melakukan pemadaman. Nasri menyebutkan, pihaknya kewalahan untuk memadamkan api karena beberapa ruangan di dalam mall terkunci hingga barang-barang yang mudah terbakar di lantai 2 dan 3.

“Sebenarnya bisa cepat (padamkan). Hanya saja beberapa ruangan masih ada yang terkunci, jadi kita siram melalui celah-celahnya saja,” kata Nasri.

“Gedung sendiri dan barang-barangnya saya yakin gak bisa digunakan lagi karna habis kebakar semua. Sedangkan gedungnya ini juga saya kira harus di renovasi total kembali atau 45% harus di bongkar karena sudah terkena api semua," menurutnya.

Sekaitan dengan kondisi petugas, Nasri menyebut kedua petugas pemadaman kebakaran itu kondisinya sudah membaik.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini