Gubernur Sumbar ke Generasi Muda: Kita Harus Bangga jadi Orang Minang

×

Gubernur Sumbar ke Generasi Muda: Kita Harus Bangga jadi Orang Minang

Bagikan berita
Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka Bimbingan Teknis Pengamalan ABS-SBK Bagi Generasi Muda, di Aula Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Jumat (9/7/2021). (Foto: Pemprov Sumbar)
Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka Bimbingan Teknis Pengamalan ABS-SBK Bagi Generasi Muda, di Aula Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Jumat (9/7/2021). (Foto: Pemprov Sumbar)
HALONUSA.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka Bimbingan Teknis Pengamalan ABS-SBK Bagi Generasi Muda, di Aula Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Jumat (9/7/2021). Pada kesempatan itu, Mahyeldi menyampaikan bahwa, nilai-nilai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK) harus diajarkan sejak dini kepada generasi muda Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu agar nilai ABS-SBK melekat dalam pikiran dan akhirnya menjadi perilaku dan karakter dalam keseharian. Menurut dia, kegiatan bimtek ini sangat penting sebagai salah satu wujud pelestarian adat dan budaya Minangkabau. ABS-SBK itu, kata dia, harus melekat dalam pikiran dan sikap sehari-sehari, serta harus menjadi perilaku dan karakter. Baca juga: Mahyeldi: Wartawan Sangat Dibutuhkan untuk Pembangunan Daerah Sumbar "Jangan sampai nanti orang luar lebih Minang pula dari kita. Kita harus bangga jadi orang Minang," kata Mahyeldi kepada para peserta. Mahyeldi juga memotivasi para peserta dengan fakta-fakta sejarah, bahwa kontribusi orang Minang pada bangsa ini sangatlah besar. Baik itu sumbangan dalam bentuk pemikiran, perjuangan dan pengorbanan. Sedikitnya, kata dia, ada 2.000 tokoh nasional asal Minang yang mewarnai eksistensi bangsa ini. "Jumlah orang Minang cuma tiga persen, tapi kontribusinya untuk bangsa ini paling besar, tidak kurang dari 2 ribu tokoh-tokoh nasional," kata dia. Kata Mahyeldi, semua ini muncul dari pelestarian adat dan budaya di nagari. Walaupun nagari itu kecil, tapi pemikirannya jauh lebih besar. Baca juga: Gubernur Mahyeldi Bantu SMKN 1 Ranah Ampek Hulu Tapan, Disdik: Bangun Pagar Sekolah dan Cekdam "Sangat banyak kearifan lokal yang tumbuh di nagari. Nagari menjaga dan merawat nilai-nilai yang ada di nagari itu sendiri," terang Mahyeldi. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini diikuti 50 orang generasi milenial asal Agam dan Bukittinggi ini mengusung tema 'Peran Generasi Milenial Dalam Pelestarian Adat dan Budaya Minangkabau'. Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan tupoksi Dinas Kebudayaan dalam rangka percepatan pencapaian misi kedua Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yaitu 'Meningkatkan Tata Kehidupan Sosial Kemasyarakatan Berdasarkan Falsafah Adaik Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah'. Kegiatan ini, kata dia, bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap ABS-SBK dikalangan generasi muda di era globalisasi saat ini.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumbar Meningkat, RSUP M. Djamil Padang Butuh 10 Ton Oksigen

"Karena itu kita menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya untuk menggali potensi generasi muda dan diakhir acara nanti peserta juga diminta menulis artikel tentang kebudayaan," ujar Gemala Ranti. Narasumber di antaranya Ismunandi Sofyan tentang potensi generasi muda Minang. Juga hadir Angku Yus Datuak Perpatiah, Mak Katik, serta akademisi Dr Zainal Arifin dan Dalmenda Datuak Pamuntjak Alam. Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman, mengapresiasi kegiatan bimtek ini karena selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Agam. Di antaranya pengembangan potensi generasi muda dari sisi adat budaya dan juga agama. "Ikuti bimtek dengan serius dan hasil bimtek ini akan jadi bekal Anda di masa mendatang. Minimal bisa berpantun, tidak seperti saya, hidup lama di rantau, tak pandai berpantun," katanya berseloroh. Kegiatan bimtek ini juga dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan covid-19 ketat. Tidak hanya penerapan 3M, tapi semua peserta juga divaksinasi di lokasi acara, sebelum kegiatan bimtek dimulai. (ck) Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini