HALONUSA.COM - Keterbatasan akses informasi terkait Covid-19, wargabantuwarga.com hadir mengumpulkan informasi seputar akses dan bantuan kesehatan yang selama ini tersebar di berbagai situs, artikel, sosial media dan broadcast pesan di komunitas.
Inisiatif ini diinisiasi oleh sejumlah relawan dari perusahaan, yayasan nirlaba, komunitas maupun perseorangan sejak awal Juli 2021.
Warga dapat mengakses dan memberikan informasi di situs wargabantuwarga.com dan juga Whatsapp hotline di 081257579812.
Sejak diumumkan kepada masyarakat pada Selasa (6/7/2021), tercatat ribuan orang mengakses situs dan ratusan permintaan informasi membanjiri hotline #WargaBantuWarga setiap hari.
Baca juga: Bantu Warga, PWNU Sumbar dan Buddha Tzu Chi Padang Distribusikan Paket Sembako Ramadan
Banyak warga membutuhkan informasi spesifik, misalnya ketersediaan rumah sakit untuk pasien dengan kondisi tertentu seperti penderita COVID-19 yang tengah hamil, atau memiliki penyakit bawaan lainnya.Relawan Ainun Najib mengatakan, bahwa pihaknya telah mengintegrasikan berbagai informasi krusial mengenai akses dan fasilitas kesehatan dari berbagai saluran dan media di satu database wargabantuwarga.com.
"Namun, kami membutuhkan lebih banyak warga untuk mengunggah informasi akurat, terutama mengenai akses ke alat serta fasilitas kesehatan untuk menangani penderita Covid-19, terlebih di daerah luar Jawa. Informasi yang didapatkan akan sangat membantu masyarakat yang sedang kebingungan dan membutuhkan bantuan segera," katanya.
Hingga Jumat (9/7/2021) sudah tercatat sebanyak 1.272 orang yang mendaftar menjadi relawan melalui situs Indorelawan. Hal ini menunjukkan semangat gotong royong masyarakat Indonesia dapat diandalkan saat kritis seperti ini.
Baca juga: Warga Gelisah PPKM Darurat, Luhut Pandjaitan: Kita Harus Bekerja Sama!
Editor : Redaksi