19 Anak di Kota Padang jadi Korban Kekerasan Seksual Hingga Juli 2024

×

19 Anak di Kota Padang jadi Korban Kekerasan Seksual Hingga Juli 2024

Bagikan berita
Larangan Kekerasan Terhadap Anak
Larangan Kekerasan Terhadap Anak

HALONUSA - Sebanyak 19 orang anak di Kota Padang menjadi korban kekerasan seksual sepanjang tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Eri Sendjaya, saat Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus Kekerasan pada Anak di Gedung Youth Center, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), pada Kamis (15/8/2024).

Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan terkait kekerasan terhadap anak, kekerasan seksual hingga eksploitasi.

"Kami menerima laporan sebanyak 3 kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), 2 kasus kekerasan fisik, 17 kasus kekerasan psikis, 19 kasus kekerasan seksual, dan satu kasus eksploitasi hingga 31 Juli 2024 lalu," katanya.

Menurutnya, laporan kasus kekerasan terhadap anak kemungkinan besar belum mencakup semua kejadian yang sebenarnya, karena banyak kasus kekerasan, terutama kekerasan seksual terhadap anak, baru dilaporkan setelah terjadi berulang kali, atau ketika anak sudah mengalami depresi, bahkan ada yang sampai hamil.

“Kekerasan terhadap anak ibarat fenomena gunung es, di mana data yang terlihat sangat kecil dibandingkan dengan kenyataan yang ada,” katanya.

Kondisi ini meninggalkan trauma yang mendalam bagi anak-anak korban kekerasan, yang dapat berdampak serius pada perkembangan karakter dan fisik mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan pertolongan dan perlindungan kepada korban sedini mungkin untuk mencegah dampak yang lebih besar.

“Kami berharap bahwa para aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dapat mengenali, menelaah, dan mengambil inisiatif untuk mencegah serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada anak-anak, serta memberikan perlindungan yang maksimal,” harapnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini