Pendanaan HUT RI di IKN Naik 64% dari Tahun Lalu, Ini Sebabnya

×

Pendanaan HUT RI di IKN Naik 64% dari Tahun Lalu, Ini Sebabnya

Bagikan berita
Ilustrasi Perayaan HUT RI di IKN (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Perayaan HUT RI di IKN (foto: Ideogram AI)

HALONUSA - Alokasi pendanaan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79 pada 17 Agustus 2024 ini, melonjak naik.

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa tahun 2024 adalah perayaan HUT RI pertama yang digelar di IKN (Ibu Kota Nusantara), Kalimantan.

Kementrian Keuangan (Kemenkeu) menyebut bahwa, ada sebab dibalik alokasi pendanaan yang melonjak naik hingga 64% tersebut karena beberapa faktor.

Di antaranya karena, pengadaan alat-alat upacara baru dan sarana prasarana dalam menjamu tamu undangan hingga alokasi kawasan saat perayaan.

"Pendanaan mencakup segala fasilitas upacara serta persiapan hingga lokasi fisik di wilayah baru tersebut," demikan keterangan Isa Rachmatarwata.

Isa Rachmatarwata selaku Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, juga merinci terkait detail acara HUT RI ke-79 yang dilaksanakan di 2 tempat.

Pertama di IKN yang dipimpin langsung oleh Presiden Indonesia Jokowi (2019-2024), kedua di Istana Kepresidenan Jakarta dengan Wakil Presiden RI Maaruf Amin (2019-2024) sebagai pembina upacaranya.

Melansir Kontan, undangan diperkirakan menyasar 1.200 tamu yang di antaranya termasuk Presiden Indonesia Prabowo (2024-2029) dan wakilnya Gibran Raka serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini