Harga Pangan di Padang Melambung Jelang HUT RI ke-79

×

Harga Pangan di Padang Melambung Jelang HUT RI ke-79

Bagikan berita
Pedagang di Pasar Raya Padang
Pedagang di Pasar Raya Padang

HALONUSA - Sebelum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79, harga bahan pokok di Kota Padang melambung naik.

Beberapa harga bahan pokok yang diketahui naik pada pekan kedua Agustus 2024 ini mulai dari cabai hingga jahe.

Seorang pedagang sembako di Pasar Raya Padang, Endang mengungkapkan bahwa harga sebagian jenis kebutuhan pokok bahkan melonjak.

“Harga cabai merah yang biasanya Rp40.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp45.000 per kilogram. Bawang merah dari Rp20.000 menjadi Rp24.000 per kilogram, sementara jahe yang biasanya Rp20.000 per kilogram sekarang menjadi Rp23.000 per kilogram,” katanya.

Pedagang sembako lainnya, Doni juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengatakan bahwa kenaikan harga tidak hanya membebani konsumen, tetapi juga pedagang.

“Harga sembako terus naik, dan ini sangat memberatkan kami, baik sebagai pedagang maupun para pembeli. Setiap kali restok barang, uang yang dibawa rasanya semakin tidak cukup,” katanya.

Ia berharap, pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga bahan pokok, terutama menjelang hari besar nasional.

“Pemerintah harus cepat bertindak sebelum harga semakin tinggi. Kami sebagai pedagang merasa sangat terbebani dengan situasi ini, karena di satu sisi kami juga harus menjaga agar harga tetap terjangkau bagi pembeli,” katanya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini