KAI Divre II Sumbar Catatkan Peningkatan Angkutan Barang 11 Persen hingga Juli 2024

×

KAI Divre II Sumbar Catatkan Peningkatan Angkutan Barang 11 Persen hingga Juli 2024

Bagikan berita
Kereta barang KAI melintas dengan deretan gerbong panjang. (Foto: Istimewa)
Kereta barang KAI melintas dengan deretan gerbong panjang. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatatkan peningkatan angkutan barang sebesar 11 persen pada periode Januari hingga Juli 2024.

Berdasarkan data, KAI Divre II Sumbar berhasil mengangkut 1.171.090 ton barang, naik signifikan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang hanya mencapai 1.052.570 ton.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, dalam temu ramah bersama awak media di Padang, Selasa (13/8/2024).

Menurut As’ad, pertumbuhan ini didorong oleh penambahan frekuensi perjalanan, rute, serta jumlah gerbong dalam satu rangkaian kereta.

"Peningkatan permintaan dari pelanggan atas angkutan barang menggunakan kereta api menjadi faktor utama yang mendorong kami untuk meningkatkan layanan," jelasnya.

Selama periode Januari hingga Juli 2024, KAI Divre II Sumbar melayani pengangkutan komoditas semen curah dan klinker, dengan total angkutan masing-masing mencapai 769.140 ton dan 401.950 ton.

Dari sisi operasional, performa ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api barang juga mengalami peningkatan.

Tingkat ketepatan waktu keberangkatan pada periode tersebut mencapai 85,3 persen, naik dari 78,3% pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan mencapai 85,2 persen, meningkat dari 78,1 persen pada tahun 2023.

Angkutan barang menggunakan kereta api dinilai memiliki berbagai keunggulan, seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas angkut yang besar, bebas dari pungutan liar, serta dikelola oleh SDM profesional.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini