BMKG Sebut Potensi Indonesia Dilanda Gempa Megathrust Seperti Jepang

×

BMKG Sebut Potensi Indonesia Dilanda Gempa Megathrust Seperti Jepang

Bagikan berita
Ilustrasi gempa Megathrust (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi gempa Megathrust (foto: Ideogram AI)

HALONUSA - Tidak hanya di Jepang, Indonesia juga memiliki kondisi patahan berupa Megathrust yang diduga bisa pecah kapan saja.

Ada 2 patahan yaitu Seismic Gap Megathrust Selat Sunda (M8,7) dan Megathrust Mentawai-Suberut (M8,9), yang dikhawatirkan ilmuan.

"Potensi Indonesia dilanda Gempa Megathrust seperti Jepang tinggal menunggu waktu saja," demikian keterangan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

"Apalagi Seismic Gap Megathrust Selat Sunda (M8,7) dan Megathrust Mentawai-Suberut (M8,9) sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar," jelas keterangannya.

Jepang saja yang sudah langganan Gempa Megathrust tersebut, potensi bencana alam terkait hanya kisaran puluhan tahun. Apalagi di Indonesia, yang belum terjadi gempa ratusan tahun.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, BMKG sendiri sudah memberikan edukasi dan mitigasi serta pelatihan evakuasi agar membentuk stakeholder masyarakat. Terutama, di wilayah pantai melalui 3 jenis pelatihan berikut.

  • Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami (SLG)
  • BMKG Goes To School (BGTS)
  • Pembentukan Masyarakat Siaga tsunami (Tsunami Ready Community).

Daryono berharap, bahwa tindakan tersebut dapat memberikan upaya dan menekan resiko sekecil mungkin terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi di masa depan. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini