Jelang HUT RI ke-79, Polda Kerahkan 783 Personel Kawal Kirab ke IKN

×

Jelang HUT RI ke-79, Polda Kerahkan 783 Personel Kawal Kirab ke IKN

Bagikan berita
Ilustrasi HUT RI Ke-79. (Foto: Suara.com)
Ilustrasi HUT RI Ke-79. (Foto: Suara.com)

HALONUSA - Menjelang perayaan atau pelaksanaan upacara bendera di Ibu Kota Nusantara (IKN), Polda Metro Jaya kerahkana sebanyak 783 personel untuk keamanan selama acara berlangsung.

Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi sorotan utama dalam peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini.

Untuk pertama kalinya, upacara 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN, menandai era baru dalam sejarah Indonesia. Tak heran, Polda Metro Jaya mengerahkan ratusan personel untuk mengiringi.

"Pengamanan kirab ini sangat penting, dan kami tidak main-main. Sebanyak 783 personel dari Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengawal bendera dan teks proklamasi dari Monas hingga Bandara Halim Perdanakusuma," ungkap Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Kabid Humas Polda Metro Jaya, dikutip dari Jawapos, Sabtu (10/8).

Rangkaian kirab ini akan melewati sejumlah titik penting di Jakarta, termasuk Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, dan Jalan Jenderal Sudirman, sebelum akhirnya menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

"Dari sana, Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi akan diterbangkan dengan pesawat Boeing milik TNI AU menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Kalimantan Timur," sambungnya.

Setibanya di IKN, Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi akan dibawa ke Istana Negara oleh dua putri terbaik bangsa.

Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten dipercaya sebagai pembawa bendera, sementara Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan akan membawa Teks Proklamasi.

Kedua purna Paskibraka 2023 ini dipilih untuk melanjutkan tradisi kehormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan.(*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini