Gagalkan Rencana Teror ISIS di Jakarta Barat, Densus 88 Tangkap Dua Tersangka Pendukung

×

Gagalkan Rencana Teror ISIS di Jakarta Barat, Densus 88 Tangkap Dua Tersangka Pendukung

Bagikan berita
Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar. (Foto: Antaranews).
Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar. (Foto: Antaranews).

HALONUSA - Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua tersangka tindak pidana terorisme di Jakarta Barat yang merupakan pendukung Daulah Islamiyah atau ISIS.

Penangkapan dilakukan pada Selasa (6/8/2024) dan dikonfirmasi oleh Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol. Aswin Siregar, dalam konferensi pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

"Dua orang yang ditangkap tersebut berinisial RJ dan AM. Kedua orang ini berusia di atas 25 tahun," ujar Aswin seperti dikutip dari Antaranews, Rabu (7/8/2024).

RJ dan AM terlibat dalam kelompok teror tersebut dengan mengunggah narasi-narasi dukungan dan propaganda terhadap ISIS di media sosial mereka.

"Mereka juga diketahui mengibarkan bendera ISIS sambil memegang senjata, serta membuat ajakan untuk mendukung Daulah Islamiyah atau ISIS," sebutnya.

"Dalam pendalaman, Densus 88 menemukan bahwa RJ dan AM telah merakit bahan peledak yang kini telah diamankan oleh penyidik," sambungnya.

Meski tidak terlibat dalam jaringan teror yang aktif, keduanya termotivasi untuk melakukan serangan.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain satu unit senjata airsoft gun, beberapa jaket dan pakaian seragam ISIS.

Selain itu ada beberapa buah pisau lipat, bahan kimia peledak, satu unit ponsel, dan beberapa senjata tajam lainnya.

RJ dan AM terpapar paham radikalisme melalui media sosial yang menyebarkan informasi Daulah Islamiyah, baik dari dalam maupun luar negeri.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini