HUT ke-79 RI di IKN: Kemensetneg Sewa 1.000 Mobil, Biaya Pengiriman Capai Rp13 Juta/Unit

×

HUT ke-79 RI di IKN: Kemensetneg Sewa 1.000 Mobil, Biaya Pengiriman Capai Rp13 Juta/Unit

Bagikan berita
Ilustrasi HUT RI. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi HUT RI. (Foto: Pinterest)

HALONUSA - Persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang akan digelar pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melakukan penyewaan besar-besaran hingga 1.000 unit mobil untuk mobilitas tamu negara dan very very important person (VVIP).

Melansir CNN Indonesia, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, mengungkapkan bahwa transaksi besar ini sudah dibayar uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak.

"Permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg mencapai 1.000 unit, dan uang muka 50 persen sudah diterima," kata Damun dikutip Halonusa, Senin (5/8/2024).

Karena terbatasnya unit mobil rental di wilayah Kalimantan Timur, Asperda harus mendatangkan mobil dari luar daerah, termasuk Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

Proses pengiriman mobil ini memakan biaya yang cukup tinggi, mencapai Rp13 juta per unit, yang berpotensi memicu lonjakan harga sewa mobil.

"Biaya pengiriman satu unit mobil mencapai Rp13 juta, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak bisa dihindari," tambah Damun.

Mobil-mobil sewaan ini saat ini masih dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur, siap untuk mendukung kelancaran perayaan HUT RI di IKN.(*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini