Rutan Padang Panjang dan Satpol PP Damkar Jalin Kerja Sama Pencegahan Kebakaran

×

Rutan Padang Panjang dan Satpol PP Damkar Jalin Kerja Sama Pencegahan Kebakaran

Bagikan berita
Rutan Padang Panjang dan Satpol PP Damkar Jalin Kerja Sama Pencegahan Kebakaran
Rutan Padang Panjang dan Satpol PP Damkar Jalin Kerja Sama Pencegahan Kebakaran

HALONUSA - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang Panjang, Auliya Zulfahmi, dan Kepala Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar), Benny menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara kedua lembaga di ruang kerja Karutan pada Rabu (31/7/2024).

Penandatanganan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran serta nonkebakaran.

Dengan demikian, diharapkan kejadian kebakaran dan kerugian yang diakibatkannya, baik dari segi nyawa maupun harta benda di lingkungan Rutan, dapat diminimalisir, guna memastikan keselamatan penghuni, pegawai, dan asetnya.

Ruang lingkup kesepakatan ini meliputi penyuluhan dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman serta peran serta penghuni dan pegawai Rutan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Satpol PP dan Damkar juga akan melakukan simulasi dan edukasi pencegahan serta penanggulangan bahaya kebakaran untuk mengubah perilaku penghuni dan pegawai agar lebih siap menghadapi bahaya kebakaran.

Auliya Zulfahmi menyampaikan rasa terima kasih kepada Satpol PP dan Damkar yang telah bersedia bekerja sama.

"Rutan merupakan objek vital yang memiliki risiko kebakaran tinggi. Dengan kondisi kepadatan penghuni dan keterbatasan fasilitas, risiko kebakaran sangat besar. Kerugian tidak hanya material tapi juga nyawa penghuni dan pegawai. Kami sangat memerlukan sinergi dengan pemadam kebakaran untuk mencegah dan menanggulangi bahaya tersebut," ujar Fahmi pada Kamis (01/8/2024).

Ia berharap Rutan selalu dalam keadaan kondusif, sehingga program perawatan dan pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Benny menyampaikan pihaknya siap untuk bersinergi dan membantu Rutan dalam hal pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

"Penghuni di Rutan merupakan warga Padang Panjang dan kita bertanggung jawab atas keselamatan mereka dari bahaya kebakaran. Kita akan berusaha semaksimal mungkin dalam hal sosialisasi, edukasi, dan upaya penanggulangan jika terjadi kebakaran," tegas Benny.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini