Kota Padang Tingkatkan Kesiapan Tagana Hadapi Bencana

×

Kota Padang Tingkatkan Kesiapan Tagana Hadapi Bencana

Bagikan berita
Kota Padang Tingkatkan Kesiapan Tagana Hadapi Bencana
Kota Padang Tingkatkan Kesiapan Tagana Hadapi Bencana

HALONUSA - Kota Padang yang berada di wilayah rawan bencana seperti banjir, angin puting beliung, dan gempa bumi, terus berupaya meningkatkan mitigasi bencana.

Salah satu langkah yang diambil adalah memantapkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) melalui kegiatan yang digelar Dinas Sosial Kota Padang di Kawana Hotel, Rabu (31/7/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang yang diwakili Asisten I Kota Padang, Edi Hasymi. Edi menyatakan dukungan penuh atas kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menghadapi bencana.

"Tagana selama ini sudah sangat kita andalkan dalam kebencanaan. Dengan adanya kegiatan Pemantapan Personel Tagana ini, kita berharap personel Tagana lebih profesional di lapangan," kata Edi Hasymi.

Ia menambahkan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan personel Tagana akan sangat membantu dalam penanggulangan bencana, terutama dalam hal logistik karena Tagana khususnya menangani penyediaan makanan untuk korban dan petugas di lokasi bencana.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Ricky Januar Alexander, menyampaikan bahwa kegiatan Pemantapan Personel Tagana bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, informasi, dan wawasan anggota Tagana dalam pelaksanaan tugas di lapangan sebelum, saat, dan setelah terjadi bencana.

"Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan Tagana menghadapi bencana di Kota Padang, menambah pengetahuan dan wawasan anggota Tagana dalam penanggulangan bencana. Selain itu, kegiatan ini juga mengembangkan inisiatif dan kreativitas anggota Tagana, serta menjalin komunikasi dan koordinasi dengan lintas sektor terkait penanggulangan bencana di Kota Padang," jelasnya.

Ricky menambahkan, peserta kegiatan Pemantapan Personel Tagana tahun ini berjumlah 50 orang, terdiri dari 33 peserta laki-laki dan 17 peserta perempuan. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini