Bukittinggi Rayakan Hari Kebaya Nasional dengan Lomba Fashion Show

×

Bukittinggi Rayakan Hari Kebaya Nasional dengan Lomba Fashion Show

Bagikan berita
Bukittinggi Rayakan Hari Kebaya Nasional dengan Lomba Fashion Show
Bukittinggi Rayakan Hari Kebaya Nasional dengan Lomba Fashion Show

HALONUSA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bukittinggi menyelenggarakan Lomba Fashion Show Kebaya 2024 di pusat pertokoan Pasa Ateh Bukittinggi pada Rabu, 24 Juli 2024. Kegiatan ini turut memeriahkan Hari Kebaya Nasional.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, mengungkapkan bahwa melalui acara ini, kreativitas para desainer dan pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang fashion di Kota Bukittinggi dapat terlihat secara langsung.

"Lomba fashion show kebaya ini dikaitkan dengan kearifan lokal Minangkabau," ujarnya pada Kamis, 25 Juli 2024.

Erman menambahkan bahwa pihaknya sedang mendorong Kota Bukittinggi untuk melahirkan karya dari individu, desainer, komunitas, kelompok, dan industri kreatif lokal.

"Kami mendorong hasil karya ini untuk mencapai prestasi nasional, bahkan internasional," kata Erman.

Kegiatan ini diadakan di area publik agar dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kegiatan seperti ini akan kami lakukan 12 kali dalam setahun dengan berbagai kategori, tujuannya agar karya desainer kita diapresiasi dan mendapat prestasi," lanjut Erman.

Tahun depan, Pemerintah Kota Bukittinggi akan mengadakan pelatihan industri kreatif Minangkabau untuk meningkatkan jumlah pelaku dan produsen industri kreatif yang mampu menghasilkan inovasi dan karya yang tetap mengedepankan kearifan lokal Minangkabau.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Bukittinggi," jelas Erman.

Ketua Dekranasda melalui sekretarisnya, Nauli Handayani, menjelaskan bahwa lomba fashion show kebaya ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Bukittinggi untuk memperingati Hari Kebaya Nasional yang baru ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, tahun ini.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini