PSU DPD RI di Bukittinggi, Partisipasi Pemilih Hanya 25 Persen

×

PSU DPD RI di Bukittinggi, Partisipasi Pemilih Hanya 25 Persen

Bagikan berita
PSU DPD RI di Bukittinggi, Partisipasi Pemilih Hanya 25 Persen
PSU DPD RI di Bukittinggi, Partisipasi Pemilih Hanya 25 Persen

HALONUSA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi mengadakan rapat pleno untuk menetapkan hasil perolehan suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI Provinsi Sumatera Barat tingkat Kota Bukittinggi pada Rabu, 17 Juli 2024, di Hotel Santika Bukittinggi.

Dalam rekapitulasi tingkat Kota Bukittinggi, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak suara pada PSU DPD RI mencapai 24.311 suara.

Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra, menyatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih dalam PSU DPD RI yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 Juli 2024, hanya mencapai 25 persen dari total DPT Kota Bukittinggi yang berjumlah 95.068 suara.

Satria menjelaskan bahwa rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena PSU dilaksanakan bertepatan dengan hari pasar.

"Sebagian besar aktivitas masyarakat terjadi di pasar, dan pada hari Sabtu tersebut juga banyak masyarakat yang melakukan liburan atau hajatan," ujarnya.

Selain itu, Satria juga memastikan bahwa KPU sebagai penyelenggara telah mensosialisasikan PSU dengan berbagai metode, salah satunya adalah saat pemberian surat pemberitahuan C, KPU juga menyebarkan selebaran daftar calon DPD kepada masyarakat.

“Untuk Pilkada mendatang, kami akan semakin memaksimalkan sosialisasi ke setiap lapisan masyarakat. Kami optimis tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai di atas 80 persen," katanya.

Sementara itu, suara terbanyak pada PSU ini diraih oleh Jelita Donal dengan perolehan 6.838 suara, disusul oleh Muslim Yatim yang memperoleh 5.105 suara.

Irman Gusman menempati urutan ketiga dengan 3.304 suara, diikuti oleh Abdul Aziz di urutan keempat dengan 2.426 suara, serta politisi muda Cerint Iralloza Tasya di urutan kelima dengan 2.118 suara.

Sebelum PSU atau saat pemilihan pada 14 Februari 2024 lalu, Jelita Donal memperoleh suara tertinggi dengan 15.444 suara, disusul oleh Abdul Aziz dengan 9.814 suara.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini