Napak Tilas Peringatan Gugurnya Bagindo Aziz Chan Kembali Digelar

×

Napak Tilas Peringatan Gugurnya Bagindo Aziz Chan Kembali Digelar

Bagikan berita
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi. (Foto: Diskominfo Padang)
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi. (Foto: Diskominfo Padang)

HALONUSA - Setelah empat tahun vakum akibat pandemi COVID-19, Napak Tilas memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Kota Padang, Bagindo Aziz Chan, kembali digelar pada Kamis malam (18/07/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Kota Padang yang ke-355.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi, menjelaskan bahwa Napak Tilas terakhir kali diadakan pada 2019.

"Setelah sempat berhenti karena pandemi, kini kami melanjutkannya kembali," ujar Afriadi pada Selasa (16/08/2024).

Napak Tilas dimulai dari Kantor Balai Kota Lama, di mana rombongan akan dilepas oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar.

Rute perjalanan meliputi Balai Kota Lama, kantor pos, Disdik Sumbar, Simpang Adabiah, Simpang Tinju, Simpang Ulak Karang, Taman Makam Pahlawan Lolong (Museum Adityawarman), Simpang Hotel Axana, Masjid Nurul Iman, rumah Bagindo Aziz Chan (belakang Hotel Grand Zuri), Masjid Raya Ganting (untuk Salat Subuh), dan berakhir di Rumah Sakit dr. Reksodiwiryo di Ganting.

Diperkirakan acara akan berakhir sekitar pukul 06.00 WIB, diikuti dengan serah terima bendera dan penyerahan foto Bagindo Aziz Chan di lokasi finish. Setelah itu, peserta akan melanjutkan upacara di Balai Kota Aie Pacah.

Afriadi juga menyebutkan bahwa seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Padang akan berpartisipasi, masing-masing dengan tujuh wakil.

Selain itu, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Damkar, BPBD, Dishub, dan Satpol PP juga akan turut ambil bagian.

"Napak Tilas ini penting untuk mengenang perjuangan Bagindo Aziz Chan, yang meninggal pada usia muda setelah berperang melawan Belanda," tambah Afriadi.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini