Cerint Iralloza Tasya Pimpin Perolehan Suara Quick Count PSU DPD RI Sumbar

×

Cerint Iralloza Tasya Pimpin Perolehan Suara Quick Count PSU DPD RI Sumbar

Bagikan berita
Ilustrasi
Ilustrasi

HALONUSA -Hasil quick count dari Lembaga Survei SBLF Myriset menunjukkan Cerint Iralloza Tasya, Muslim M Yatim, Jelita Donal, dan Irman Gusman sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Sumatera Barat, Sabtu (17/3/2024).

Menurut Direktur SBLF Myriset, Edo Andrefson, survei ini dilakukan di 800 TPS PSU DPD RI di Sumatera Barat dengan margin of error sebesar 3.1%.

Hasil quick count yang sudah masuk 100% menempatkan Cerint Iralloza Tasya di posisi pertama dengan 18.18% suara, diikuti oleh Muslim M Yatim dengan 16.74%, Jelita Donal 13.7%, dan Irman Gusman 11.87%.

Hasil ini mengubah peta perolehan suara calon DPD yang terpilih pada Februari lalu, di mana Muslim M Yatim naik ke posisi kedua, menggantikan Emma Yohanna yang tersingkir dan posisinya digantikan oleh Irman Gusman.

Elektabilitas Irman Gusman unggul tipis dari calon DPD lainnya yang berada di peringkat lima dan enam.

Edo menjelaskan bahwa keunggulan Muslim M Yatim di lapangan didukung oleh soliditas kader PKS dan dukungan luas dari masyarakat yang menghargai kiprahnya selama satu periode.

"Untuk Irman Gusman yang bisa finis di posisi keempat, dukungan ormas Muhammadiyah sangat signifikan, ditambah dukungan elite dari elemen LKAAM, Bundo Kanduang, dan tokoh lainnya," tambah Edo.

Hasil quick count ini memberikan gambaran awal tentang calon DPD RI yang akan terpilih. Namun, hasil resmi tetap menunggu pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PSU DPD RI di Sumatera Barat digelar di 17 ribu TPS dan diikuti oleh 16 calon anggota DPD RI, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan gugatan Irman Gusman dan memerintahkan PSU karena namanya dicoret dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta membatalkan hasil Pemilu DPD RI pada 14 Februari 2024. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini