Belt Conveyor PT Bukit Asam di Teluk Bayur Terbakar, Pelindo 2 Kerahkan Kapal untuk Padamkan Api

×

Belt Conveyor PT Bukit Asam di Teluk Bayur Terbakar, Pelindo 2 Kerahkan Kapal untuk Padamkan Api

Bagikan berita
Tim Pemadam Kebakaran (PMK) dari Pelindo Regional 2 Teluk Bayur. (Foto: Istimewa)
Tim Pemadam Kebakaran (PMK) dari Pelindo Regional 2 Teluk Bayur. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Sekitar pukul 16.13 WIB, terjadi kebakaran di conveyor Dermaga Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Bukit Asam, Rabu 3 Juli 2024.

Mendapatkan informasi tersebut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Teluk Bayur segera mengerahkan bantuan untuk memadamkan api.

General Manager Regional 2 Teluk Bayur, Ferrial Dunan Sidabutar, mengungkapkan bahwa untuk memadamkan api, Pelabuhan Teluk Bayur mengerahkan Kapal Tunda KT Teluk Bayur II dan KT Teluk Bayur I dari sisi laut.

Sedangkan dari sisi darat, bantuan datang dari Tim Pemadam Kebakaran (PMK) dari Pelindo Regional 2 Teluk Bayur.

“Kami mendapat informasi dari kepanduan melalui Radio VHF sekitar pukul 16.13 WIB untuk membantu memadamkan kebakaran conveyor di Dermaga TUKS PT. Bukit Asam,” ujar Ferrial pada Kamis, 4 Juli 2024.

“Semua tim sudah berada di lokasi kebakaran sekitar pukul 16.18 WIB. Kebakaran berhasil dipadamkan hingga pukul 17.30 WIB,” tambahnya.

Dengan teratasinya kebakaran ini, PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur memastikan bahwa kegiatan operasional pelabuhan tetap berjalan lancar.

Sebelumnya, masyarakat dan warganet dihebohkan dengan kepulan asap dari arah Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Informasi tersebut pertama kali diposting oleh akun Instagram @ydllptri_.

“Ada kapal bermuatan batubara yang mengeluarkan asap tebal di Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang pada Rabu (3/7) pukul 16.30 WIB,” tulis akun Instagram @infopadang_ yang memposting ulang video amatir tersebut.

“Menurut keterangan @vicko_chaniago, material yang terbakar adalah belt conveyor yang berfungsi untuk memindahkan material batubara ke dalam kapal tersebut,” tambah akun tersebut. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini