Perpustakaan Keliling Padang Gunakan Boneka Muppet untuk Tingkatkan Literasi

×

Perpustakaan Keliling Padang Gunakan Boneka Muppet untuk Tingkatkan Literasi

Bagikan berita
Perpustakaan keliling Padang gunakan boneka Muppet untuk tingkatkan literasi. (Foto: Diskominfo Padang)
Perpustakaan keliling Padang gunakan boneka Muppet untuk tingkatkan literasi. (Foto: Diskominfo Padang)

HALONUSA - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) terus berinovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Salah satu upaya kreatif yang dilakukan adalah menghadirkan perpustakaan keliling yang tidak hanya membawa buku-buku, tetapi juga melibatkan pustakawan berbakat dalam bercerita, membaca nyaring (read aloud), serta menampilkan Uni Puspa dan Uda Puspa.

"Uni Puspa dan Uda Puspa ini menceritakan isi buku dengan menggunakan boneka tangan Muppet," kata Feri Mulyani Hamid, Kepala Dispusip Kota Padang, Senin (01/07/2024).

Perpustakaan keliling ini mengunjungi taman bacaan dan sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil, seperti Bungus dan Lubuk Buaya, yang akses perpustakaannya sulit.

"Kami sengaja mendatangi sekolah-sekolah tersebut untuk mempermudah akses baca bagi anak-anak di sana," tambah Feri.

Dengan kehadiran pustakawan yang memiliki keterampilan dalam bercerita dan membaca nyaring, minat baca masyarakat meningkat.

Jumlah kunjungan ke perpustakaan Kota Padang pun perlahan naik.

"Setiap bulan, kami mengunjungi 24 tempat, baik taman bacaan maupun sekolah. Kami memiliki dua armada yang beroperasi dari Senin hingga Kamis. Hal ini berdampak positif pada jumlah kunjungan perpustakaan," jelasnya.

Feri Mulyani Hamid menegaskan pentingnya memaksimalkan perpustakaan keliling untuk terus meningkatkan minat baca dan literasi di Kota Padang.

Berdasarkan data survei Perpusnas, tingkat gemar membaca Kota Padang berada dalam posisi baik, tetapi masih perlu ditingkatkan.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini