Optimalisasi SP4N-LAPOR, Diskominfo Padang Gelar Coaching Clinic

×

Optimalisasi SP4N-LAPOR, Diskominfo Padang Gelar Coaching Clinic

Bagikan berita
Optimalisasi SP4N-LAPOR, Diskominfo Padang Gelar Coaching Clinic
Optimalisasi SP4N-LAPOR, Diskominfo Padang Gelar Coaching Clinic

HALONUSA - Dalam upaya meningkatkan sistem pelayanan publik, terutama dalam menanggapi aspirasi dan pengaduan masyarakat, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan kegiatan Coaching Clinic Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Kota Padang, Corri Saidan, di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, pada Jumat (28/6/2024).

Corri berharap seluruh admin penghubung di setiap OPD Pemerintah Kota Padang dapat menjadikan SP4N-LAPOR sebagai tolok ukur pelayanan publik yang baik, dengan menampung dan menangani pengaduan masyarakat secara efektif.

"Pemerintah Kota Padang telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 86 Tahun 2022 tentang Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Padang Gerak Cepat, salah satunya melalui SP4N-LAPOR. Selain itu, kami juga memiliki Padang Kiniko dan Padang Coment Center sebagai bentuk upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Corri.

Ia menekankan pentingnya pelatihan dan bimbingan SP4N-LAPOR untuk meningkatkan koordinasi antar OPD dalam menyelesaikan persoalan masyarakat secara cepat dan efisien.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang, Boby Firman, menyatakan bahwa Diskominfo telah melakukan berbagai upaya untuk memperkuat pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kota Padang.

Salah satunya adalah melalui Coaching Clinic SP4N-LAPOR, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan menyusun standar operasional pengelolaan bagi para admin penghubung SP4N-LAPOR.

"Inti dari kegiatan ini adalah bagaimana menanggapi laporan dengan respons cepat, disertai bukti pendukung dan data yang konkret. Jika ada tracking dari OPD terkait namun tidak diinput dalam sistem, maka hal tersebut tidak akan terlihat dan penyelesaiannya tidak akan efektif," jelas Boby.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan dihadiri oleh Kepala Bidang IKP Diskominfotik Pemprov Sumbar, Indra Sukma, sebagai pemateri. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini