Dorong Digitalisasi, Pelaku UMKM Padang Diajak Manfaatkan Platform Digital

×

Dorong Digitalisasi, Pelaku UMKM Padang Diajak Manfaatkan Platform Digital

Bagikan berita
Dorong Digitalisasi, Pelaku UMKM Padang Diajak Manfaatkan Platform Digital
Dorong Digitalisasi, Pelaku UMKM Padang Diajak Manfaatkan Platform Digital

HALONUSA - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Padang, Fauzan Ibnovi, mengajak para pelaku usaha di daerah tersebut untuk berani beralih ke digital. Menurutnya, digitalisasi membuka peluang lebih besar untuk memasarkan produk secara luas.

"Pelaku usaha harus berani beralih ke digital agar produknya dapat dikenal publik," kata Fauzan saat membuka acara "Kota Masa Depan, Padang Berani Digital" yang bekerja sama dengan 'Grab Indonesia' di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Kamis (27/06/2024).

Fauzan menjelaskan, para pelaku usaha diharapkan menyadari pentingnya digitalisasi dalam kondisi saat ini.

Dengan memanfaatkan platform digital, produk mereka bisa dipasarkan tanpa batasan wilayah, tempat, atau faktor lainnya.

"Tidak perlu sewa tempat, cukup berjualan dari rumah dan manfaatkan platform digital. Produk Anda bisa sampai ke luar batas wilayah, bahkan ke pasar internasional. Tentu saja, kualitas harus diutamakan, kemasan harus diperhatikan, dan harga harus bersaing. Ini yang akan membuat produk UMKM Kota Padang mampu bersaing dengan produk dari daerah lain," jelasnya.

Fauzan juga menyinggung kegiatan yang digagas oleh 'Grab Indonesia' dan Dinas Koperasi dan UKM Padang tersebut.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih para pelaku usaha dalam pemasaran digital, terutama melalui platform 'Grab Indonesia'.

Kepala Diskop UKM mengungkapkan bahwa program pengenalan platform digital bagi UKM telah dimulai sejak Januari hingga Juni, termasuk memberikan sejumlah pelatihan yang menghasilkan 120 pelaku usaha siap masuk ke platform 'Grab Indonesia'.

"Ini bukan langkah akhir, melainkan langkah awal yang berkelanjutan. Kami berharap akan semakin banyak pelaku usaha di Kota Padang yang memanfaatkan platform digital, tidak hanya 'Grab', tapi juga platform digital lainnya, sehingga dapat memperluas pasar produk mereka," pungkas Fauzan. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini