KPU Sumbar Finalisasi Desain Surat Suara PSU, Siap Dicetak

×

KPU Sumbar Finalisasi Desain Surat Suara PSU, Siap Dicetak

Bagikan berita
Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban. (Foto: Humas KPU Sumbar)
Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban. (Foto: Humas KPU Sumbar)

HALONUSA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) telah menyelesaikan finalisasi desain surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat. Proses finalisasi ini dilakukan pada Kamis, 27 Juni 2024.

KPU Sumbar mengundang semua calon DPD untuk membahas desain surat suara tersebut.

Sebanyak 16 calon DPD RI telah memberikan persetujuan dengan membubuhkan tanda tangan mereka pada desain surat suara yang akan digunakan dalam PSU pada 13 Juli 2024 mendatang.

“Desain surat suara telah disetujui dan ditandatangani oleh semua calon DPD untuk PSU,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban, Jumat, 28 Juni 2024.

Ia menjelaskan, desain yang telah disetujui tersebut akan segera dikirimkan ke penyedia untuk proses pencetakan surat suara DPD RI Sumbar.

“Desain surat suara selesai dan sudah ditandatangani oleh para calon DPD. Kami akan langsung mengirimkannya ke percetakan,” ujarnya.

Ory juga menambahkan bahwa KPU Sumbar akan memastikan hasil PSU DPD tetap menggunakan Sirekap.

“Sirekap merupakan bagian dari keterbukaan informasi dan akan berfungsi sebagai papan pengumuman, tidak lagi menampilkan grafik perolehan suara,” jelasnya.

Di sisi lain, KPU Sumbar bersama KPU kabupaten dan kota juga mempersiapkan penyelenggara ad hoc untuk Pilkada 2024, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Mereka akan diberi tugas tambahan untuk menyelenggarakan PSU DPD RI Dapil Sumbar serta mempersiapkan pencermatan terhadap Daftar Calon Tetap (DCT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang akan menggunakan hak pilihnya.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini