Pertukaran Pelajar Internasional, SMAN 1 Bukittinggi Buka Pintu ke Eropa

×

Pertukaran Pelajar Internasional, SMAN 1 Bukittinggi Buka Pintu ke Eropa

Bagikan berita
Foto bersama dengan 4 orang siswa dan 2 orang guru SMAN 1 Bukittinggi yang akan bertolak ke Jerman. (Foto: Istimewa)
Foto bersama dengan 4 orang siswa dan 2 orang guru SMAN 1 Bukittinggi yang akan bertolak ke Jerman. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 secara resmi mengadakan acara pelepasan untuk 4 siswa dan 2 guru dari SMAN 1 Bukittinggi yang akan berangkat ke Jerman, Sabtu 22 Juni 2024.

Keberangkatan ini merupakan bagian dari program pertukaran pelajar yang menjadi pencapaian perdana bagi sekolah menengah atas di provinsi tersebut dalam menembus Benua Eropa.

Willia Zuwerni, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Sumbar, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi ini, mengatakan bahwa program ini tidak hanya mengangkat nama Bukittinggi dan Sumbar, tetapi juga Indonesia secara keseluruhan.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mendukung penuh kegiatan ini dan berharap agar setelah pulang, para siswa dan guru dapat membagikan pengalaman mereka ke sekolah lain di Sumatera Barat.

“Pada dasarnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah sangat mensupport kegiatan ini. Besar harapannya sekembali dari Jerman, perwakilan siswa dan guru dapat mengimbaskan ke sekolah lainnya yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Barat,” sebutnya.

Erman Safar, Wali Kota Bukittinggi, menggarisbawahi pentingnya generasi muda membuka wawasan melalui pertukaran pelajar internasional.

Ia menyatakan apresiasi atas prestasi guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi yang berhasil meraih kesempatan ini dan mengucapkan selamat serta sukses untuk perjalanan dan program mereka di Jerman.

“Kita sangat mengapresiasi program guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi, yang berhasil menembus Benua Eropa. Kami atas nama Pemko Bukittinggi mengucapkan selamat dan semoga para guru dan siswa yang berangkat, sukses dalam melaksanakan program disana,” terangnya.

Menurut Dra. Silfa Dusun, Kepala SMAN 1 Bukittinggi, kerjasama ini dimulai sejak tahun 2019 melalui pertemuan daring dengan sekolah di Jerman, diikuti dengan pertukaran daring pada tahun 2021 dan kunjungan observasi guru dari Jerman ke Bukittinggi pada tahun 2023.

Kesepakatan kerjasama formal dibuat pada tahun 2021 dengan dukungan dana bantuan untuk keperluan pendidikan dari pihak Jerman.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini