Pemko Padang Mendeklarasikan Komitmen Terhadap Manajemen Arsip Tertib dan Sadar

×

Pemko Padang Mendeklarasikan Komitmen Terhadap Manajemen Arsip Tertib dan Sadar

Bagikan berita
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid. (Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Sebanyak 52 perangkat daerah lingkungan di bawah Pemerintah Kota Padang telah menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kesadaran dan keteraturan arsip sebagai langkah untuk memperkuat transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan dalam sistem pemerintahan serta memastikan manajemen arsip yang dapat diandalkan.

Penegasan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian bersama dalam Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di tengah rapat staf Pemerintah Kota Padang di Ruang Rapat Bagindo Aziz Chand, Aie Pacah, pada hari Rabu 12 Juni 2024.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyoroti pentingnya penandatanganan perjanjian ini, mengingat peran strategis arsip atau dokumen negara dalam mendukung penyelenggaraan negara.

Arsip tidak hanya mencerminkan identitas dan eksistensi bangsa, tetapi juga menjadi memori kolektif dan dasar pertanggungjawaban dalam tata kelola pemerintahan.

"Penandatanganan komitmen ini mencerminkan tekad dan kesepakatan seluruh OPD untuk mengurus, mengatur, merawat, dan membuang arsip sesuai dengan siklus hidupnya, yang meliputi penciptaan, distribusi, penggunaan, pemeliharaan, dan pemusnahan arsip sesuai dengan prosedur yang berlaku," ungkap Andree Algamar.

Selain untuk memperkuat transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan dalam sistem pemerintahan, penandatanganan komitmen ini juga bertujuan untuk memastikan manajemen arsip yang dapat diandalkan, keamanan arsip yang terjamin, serta perlindungan aset daerah.

Selain itu, hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan publik dan kesadaran seluruh elemen birokrasi pemerintah.

"Pemerintah Kota Padang juga menunjukkan komitmen dengan merekrut 57 tenaga PPPK dalam posisi arsiparis," tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, mengungkapkan bahwa dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan arsip permanen dari lima unit kerja pencipta arsip, dengan total arsip mencapai 103.512 item.

"Kami juga melakukan pemusnahan arsip dari sembilan unit kerja, dengan total 170.946 berkas," jelas Feri. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini