Pemkab Agam Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Lewat Pembinaan Pustaka Nagari

×

Pemkab Agam Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Lewat Pembinaan Pustaka Nagari

Bagikan berita
Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam. (Foto: Istimewa)
Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tengah gencar meningkatkan minat baca masyarakat melalui berbagai inisiatif pembinaan perpustakaan nagari dan kunjungan sekolah dengan menggunakan perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, Roza Linda, mengungkapkan pada Senin di Lubuk Basung bahwa pembinaan perpustakaan nagari ini dilakukan dengan bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Agam.

"Pembinaan ini terutama ditujukan untuk nagari yang mengikuti lomba. Selain pembinaan, kami juga meminjamkan buku ke perpustakaan nagari tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam juga mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah dengan menggunakan dua unit mobil perpustakaan keliling.

Satu unit mobil melayani wilayah timur Agam, sedangkan unit lainnya melayani wilayah barat Agam.

Kunjungan ini diprioritaskan bagi sekolah-sekolah yang telah bekerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam.

"Jika sekolah mengajukan permohonan, maka mobil perpustakaan keliling akan segera mengunjungi sekolah tersebut, sehingga pihak sekolah dapat mempersiapkan siswanya," tambah Roza Linda.

Selain itu, sekolah-sekolah juga diajak untuk mengunjungi Pustaka Daerah. Saat ini, banyak sekolah yang sudah berpartisipasi dalam kunjungan tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan minat baca siswa.

Program ini merupakan salah satu inisiatif Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2024.

Roza Linda mengungkapkan bahwa saat ini Pustaka Daerah Agam memiliki koleksi sebanyak 28 ribu eksemplar dari 9 ribu judul buku.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar