56 Sabo Dam Akan Dibangun di Sungai Marapi dan Singgalang

×

56 Sabo Dam Akan Dibangun di Sungai Marapi dan Singgalang

Bagikan berita
56 Sabo Dam Akan Dibangun di Sungai Marapi dan Singgalang
56 Sabo Dam Akan Dibangun di Sungai Marapi dan Singgalang

HALONUSA - Kabar baik datang bagi warga sekitar Gunung Marapi dan Singgalang. Pemerintah Pusat berencana membangun 56 Sabo Dam di aliran sungai yang berhulu dari kedua gunung tersebut untuk mengurangi risiko banjir dan bencana alam.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V Padang, M Dian Al Maruf, kepada Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada Rabu malam (5/6/2024).

"Dari 56 Sabo Dam yang akan dibangun, 40 di antaranya akan berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar," ujar Dian.

Hal ini karena banyaknya hulu sungai di daerah tersebut. Proyek ini diharapkan selesai dalam waktu tiga tahun. Pada tahun 2024, dijadwalkan pembangunan 6 hingga 8 Sabo Dam dengan anggaran 25 miliar rupiah per unit.

"Total anggaran untuk 6 sampai 8 Sabo Dam yang akan dibangun tahun ini mencapai 150 hingga 200 miliar rupiah," jelas Dian.

Pemerintah mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk kelancaran pembangunan Sabo Dam ini, terutama dalam hal pembebasan lahan dan pemeliharaan Sabo Dam setelah selesai dibangun.

Bupati Eka Putra menyambut baik rencana ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat. Dia menyatakan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanah Datar.

"Melihat dampak dan potensi bencana yang terjadi beberapa waktu lalu, Sabo Dam sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa depan," ujar Eka Putra.

Bupati juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan sosialisasi pentingnya Sabo Dam kepada masyarakat dan mendapatkan respon positif.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat mendukung karena mereka memahami bahwa ini semua demi keselamatan bersama," kata Eka Putra.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini