Pemko Padang Tertibkan 62 TPS Liar untuk Kebersihan Kota

×

Pemko Padang Tertibkan 62 TPS Liar untuk Kebersihan Kota

Bagikan berita
Salah satu tempat pembuangan sampah liar di Kota Padang yang sudah dibersihkan. (Foto: Istimewa)
Salah satu tempat pembuangan sampah liar di Kota Padang yang sudah dibersihkan. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Pemerintah Kota Padang terus berupaya menjaga kebersihan lingkungan dengan menertibkan tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, sebanyak 62 TPS liar telah berhasil ditertibkan.

DLH Kota Padang bekerja sama dengan pihak kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta warga setempat dalam penertiban ini. Kerjasama tersebut bertujuan memastikan lingkungan tetap bersih dan bebas dari sampah.

"Penertiban TPS liar ini kami lakukan bersama-sama dengan semua pihak. Setelah dibersihkan, mari kita jaga agar TPS liar tidak muncul kembali," kata Kepala DLH Kota Padang Fadelan Fitra Masta melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan, Syafrizal Syair, di kantornya, Rabu (5/6/2024).

Syafrizal menjelaskan bahwa Kota Padang memiliki 141 TPS yang tersebar di 11 kecamatan, jumlah yang dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan pembuangan sampah warga.

"Jumlah TPS ini sebenarnya sudah cukup untuk Kota Padang. Tinggal bagaimana kita sama-sama tertib membuang sampah pada TPS yang sudah ada agar tidak muncul lagi TPS liar yang merusak lingkungan," jelasnya.

Selain pentingnya ketertiban dalam membuang sampah di TPS yang ada, Syafrizal juga menekankan pentingnya membuang sampah sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Jam pembuangan sampah sudah ditentukan, yaitu dari pukul 17.00 WIB sampai 05.00 WIB. Mari kita patuhi dengan tidak membuang sampah di luar jam yang sudah ditetapkan," ujar Syafrizal.

Ia berharap penerapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar dan meningkatkan kesadaran warga untuk membuang sampah sesuai dengan tempat dan waktu yang ditentukan.

"Memberikan pemahaman kepada seluruh warga adalah tugas bersama. Kami berharap OTT dapat memberikan efek jera," tutupnya. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini