Habitat Terganggu Masyarakat, Harimau Keluyuran di Halaman Masjid Lubuk Selasih Solok

×

Habitat Terganggu Masyarakat, Harimau Keluyuran di Halaman Masjid Lubuk Selasih Solok

Bagikan berita
Harimau Sumatera diperiksa oleh Tim BKSDA Sumbar. (Foto: BKSDA Sumbar)
Harimau Sumatera diperiksa oleh Tim BKSDA Sumbar. (Foto: BKSDA Sumbar)

HALONUSA - Penampakan seekor Harimau Sumatera terekam di CCTV di Masjid Hj Alisma Alius Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Dalam rekaman CCTV tersebut, terlihat seekor Harimau lalu lalang diperkarangan Masjid yang terjadi pada Kamis dini hari pukul 00:30 WIB.

Menurut Dian Indriati, Plh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Harimau tersebut keluar dari habitatnya lantaran merasa terganggu oleh aktivitas masyarakat.

"Habitat dari Harimau tersebut terganggu dengan adanya aktivitas masyarakat luar yang masuk ke wilayahnya. Ini bukan masyarakat sekitar, tetapi masyarakat luar," kata Dian, Jumat 31 Mei 2024.

Dian menjelaskan bahwa ada masyarakat yang melakukan pemikatan terhadap burung di sekitar wilayah tersebut.

"Ada aktivitas pemikatan terhadap burung, dan mereka (masyarakat luar) juga takut terhadap Harimau sehingga membuat bunyi-bunyian dan tentu itu membuat Harimau itu keluar dari habitatnya," jelasnya.

Dian juga memperingati agar masyarakat yang bertemu dengan satwa yang dilindungi seperti Harimau agar tidak melukainya karena akan mendapatkan sanksi.

"Ini peringatan kepada siapa saja, agar tidak melakukan melukai satwa yang dilindungi karena akan mendapat sanksi Pasal 40 UU no 5 1990 penjara paling lama 5 tahun dan denda Rp100 juta," tutupnya. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini