Gelombang Pasang dan Banjir Rob Melanda Kabupaten Padang Pariaman

×

Gelombang Pasang dan Banjir Rob Melanda Kabupaten Padang Pariaman

Bagikan berita
Ilustrasi gelombang pasang dan banjir rob. (Foto: Ist)
Ilustrasi gelombang pasang dan banjir rob. (Foto: Ist)

HALONUSA - Sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman terdampak oleh gelombang pasang dan banjir rob pada Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman, wilayah yang terkena dampak meliputi Korong Sungai Paku di Nagari Kuranji Hilia serta Korong Pasie Baru di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Ketinggian air banjir rob bervariasi antara 30 cm hingga 1 meter.

Di Korong Sungai Paku Nagari Kuranji Hilia, gelombang pasang menyebabkan kerusakan pada pesisir pantai dan banjir rob merendam puluhan rumah warga serta fasilitas lainnya. Tercatat satu rumah warga mengalami kerusakan ringan di kawasan ini.

"Sebanyak 30 unit rumah, satu sekolah dasar, satu rumah ibadah terendam, dan empat kolam ikan mengalami kerusakan berat," ungkap BPBD Padang Pariaman dalam keterangan resminya pada Rabu (29/5).

Total terdapat 68 kepala keluarga (KK) yang terdampak gelombang pasang di wilayah ini, dengan estimasi kerugian mencapai Rp31 juta.

Di Korong Pasie Baru Nagari Pilubang, banjir rob merendam 30 rumah warga, dua sekolah, satu rumah ibadah, tempat pelelangan ikan, dan kantor koperasi.

Sebanyak 45 KK terdampak oleh banjir ini, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp27 juta.

Untuk mempercepat surutnya banjir, BPBD bersama pemerintah kecamatan, nagari, dan masyarakat setempat membuat saluran pembuangan air banjir rob ke laut.

BPBD Padang Pariaman juga menekankan perlunya pemasangan batu grib di bibir pantai untuk memecah ombak agar kerusakan di pesisir pantai tidak semakin parah. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini