Desa Wisata Teluk Buo Padang Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

×

Desa Wisata Teluk Buo Padang Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Bagikan berita
Desa Wisata Teluk Buo di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. (Foto: Diskominfo Padang)
Desa Wisata Teluk Buo di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. (Foto: Diskominfo Padang)

HALONUSA - Salah satu desa wisata di Kota Padang berhasil masuk dalam daftar 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melalui media sosial Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Dari 100 desa wisata terbaik di Indonesia, sembilan di antaranya berasal dari Sumatera Barat. Desa-desa ini termasuk dua dari Pesisir Selatan, dua dari Kabupaten Agam, serta masing-masing satu dari Kabupaten Solok, Sijunjung, Padang Pariaman, Limapuluh Kota, dan Kota Padang.

Salah satu yang terpilih adalah Desa Wisata Teluk Buo di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani, menyatakan bahwa pencapaian ini sangat membanggakan bagi masyarakat Kota Padang dan Sumatera Barat.

“Pencapaian ini sangat disyukuri, terutama karena persaingan tahun ini semakin ketat dengan 6.016 desa wisata yang terdaftar,” ungkapnya pada Jumat (24/5/2024).

Prestasi tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, di mana pada ADWI 2023 hanya satu desa wisata dari Kota Padang yang masuk 500 besar.

“Tahun ini, tiga desa wisata dari Kota Padang berhasil masuk 500 besar ADWI, dan satu di antaranya berhasil masuk 100 besar. Kami optimis untuk melangkah ke 50 besar,” tambah Yudi.

Menurut Yudi, Desa Wisata Teluk Buo telah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

“Masyarakat Desa Teluk Buo telah menunjukkan semangat tinggi dalam mengembangkan kawasan tersebut sebagai desa wisata,” kata Yudi.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini