3 Universitas Islam Terbaik di Sumbar, Apakah Kampusmu Termasuk?

×

3 Universitas Islam Terbaik di Sumbar, Apakah Kampusmu Termasuk?

Bagikan berita
Ilustrasi mahasiswa/i dari Universitas Islam. (Foto: AI Ideogram)
Ilustrasi mahasiswa/i dari Universitas Islam. (Foto: AI Ideogram)

HALONUSA - Berikut dalam artikel ini akan mengulas seputar Universitas Islam terbaik yang ada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Universitas Andalas mungkin menjadi universitas paling terkenal di Sumatera Barat dan baru-baru ini menduduki peringkat ke-21 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi UniRank 2023.

Namun, Sumatera Barat tidak hanya memiliki Universitas Andalas. Provinsi ini juga merupakan rumah bagi beberapa universitas Islam yang prestasinya tidak kalah gemilang.

Diantaranya ada UIN Imam Bonjol dan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Berikut adalah tiga universitas Islam terbaik di Sumatera Barat:

3 Universitas Islam Terbaik di Sumbar

1. UIN Imam Bonjol Padang

UIN Imam Bonjol Padang menempati peringkat ke-124 sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut UniRank 2023.

Universitas ini awalnya dikenal sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol sebelum bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri pada tahun 2019.

UIN Imam Bonjol memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

2. UIN Mahmud Yunus Batusangkar

UIN Mahmud Yunus Batusangkar memiliki sejarah panjang yang dimulai sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini