Hutama Karya Sebut Progres Tol Padang-Sicincin 61 Persen

×

Hutama Karya Sebut Progres Tol Padang-Sicincin 61 Persen

Bagikan berita
Ilustrasi tol. (Foto: Heru Candriko/Ideogram)
Ilustrasi tol. (Foto: Heru Candriko/Ideogram)

HALONUSA - PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Padang-Sicincin.

Direktur Operasi III Koentjoro dan Direktur Utama Hutama Karya Infrastruktur, Aji Prasetyanti, kembali mengunjungi proyek tersebut pekan lalu untuk memantau perkembangannya.

Koentjoro menyatakan bahwa pembangunan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 kilometer (km) terus berjalan dengan lancar. Semua lahan yang telah dibebaskan sedang dalam proses pengerjaan.

“Hingga 11 Mei 2024, pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin telah mencapai lebih dari 61 persen. Pengadaan lahan yang tersisa masih terdapat di beberapa titik, terutama di Nagari Sungai Buluh Selatan,” kata Koentjoro dalam keterangan resminya kemarin.

Ia menjelaskan bahwa dua titik pengadaan lahan yang masih dalam proses berada di KM 31 hingga KM 33.

“Kami berharap lahan di dua titik tersebut dapat segera dibebaskan agar jalan tol dapat tersambung sepenuhnya,” tambahnya.

Koentjoro juga menyampaikan bahwa pengadaan lahan telah mencapai 95,97 persen.

Menurutnya, pencapaian ini berkat dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Meskipun hasilnya positif, kami masih membutuhkan dukungan dari Pemprov Sumatera Barat untuk penetapan lokasi lahan akses serta bantuan dari Kanwil BPN Provinsi Sumbar dan pihak terkait lainnya, agar pembebasan lahan dapat diselesaikan sepenuhnya. Dengan begitu, operasional Tol Padang-Sicincin bisa segera direalisasikan,” jelasnya.

Menurut Koentjoro, tantangan utama dalam menyelesaikan pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Sumatera Barat adalah pengadaan lahan dan kontur tanah yang berbukit-bukit. Oleh karena itu, kecermatan dalam konstruksi sangat diperlukan.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini