Warga Lapas Kelas IIA Padang Skrining HIV-AIDS

×

Warga Lapas Kelas IIA Padang Skrining HIV-AIDS

Bagikan berita
Warga binaan Lapas Kelas IIA Padang terima pengetahuan tentang penyakit HIV-AIDS. (Foto: Istimewa)
Warga binaan Lapas Kelas IIA Padang terima pengetahuan tentang penyakit HIV-AIDS. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Kanwil Kemenkumham Sumbar melaksanakan skrining HIV-AIDS dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penyakit menular tersebut di antara para warga binaan.

Program ini merupakan bagian dari upaya preventif lapas untuk menjamin kesehatan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas.

Kegiatan ini diawasi langsung oleh Kasi Binadik, Mona Ariska, bersama Kasubsi Bimaswat, Pandu, dan tim medis yang terdiri dari dua dokter umum (dr. Ira dan dr. Rini), satu dokter gigi (drg. Elza), tiga perawat umum, satu perawat gigi, serta dua tenaga medis dari Puskesmas Padang Pasir Kota Padang.

Setiap warga binaan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mendeteksi kemungkinan infeksi HIV-AIDS.

Skrining ini melibatkan tes darah dan konseling, di mana warga binaan mendapatkan informasi lengkap mengenai penularan, pencegahan, dan pengelolaan HIV-AIDS.

Kalapas Padang, Marten menyatakan bahwa kegiatan ini adalah langkah proaktif untuk menjaga kesehatan warga binaan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih baik mengenai HIV-AIDS kepada seluruh warga binaan Ini adalah langkah preventif yang penting untuk melindungi kesehatan mereka,” katanya.

Hasil skrining akan digunakan sebagai dasar bagi pihak Lapas untuk memberikan penanganan yang sesuai bagi warga binaan yang terdeteksi mengidap HIV-AIDS.

Langkah lanjutan, seperti penanganan medis intensif, penyuluhan lanjutan, dan dukungan psikososial, akan diberikan kepada yang membutuhkan.

“Dengan skrining HIV-AIDS ini, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih sehat dan mendorong perubahan perilaku positif di kalangan warga binaan,” pungkasnya. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini