393 CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Berangkat ke Tanah Suci

×

393 CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Berangkat ke Tanah Suci

Bagikan berita
Jemaah haji Kloter 01 embarkasi Padang berangkat ke Tanah Suci, Minggu 12 Mei 2024. (Foto: Humas Kemenag Sumbar)
Jemaah haji Kloter 01 embarkasi Padang berangkat ke Tanah Suci, Minggu 12 Mei 2024. (Foto: Humas Kemenag Sumbar)

HALONUSA - Jemaah haji Kloter 01 Padang tahun 1445 H yang dibawa berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER nomor GA3301 sukses take-off dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pukul 18.25 WIB Minggu, 12 Mei 2024.

Ikut melepas dan mengantar jemaah kloter 1 PDG mulai dari asrama sampai bandara yakni Stafsus Menteri Agama RI H. Mahmud Syaltout, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI H. Jaja Jaelani dan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin.

Stafsus Mahmud Syaltout mengatakan berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 M.

Ia berpesan kepada jemaah haji Sumatera Barat untuk selalu menjaga niat dalam setiap suasana dan keadaan . Ia berharap jemaah haji dapat fokus menjaga ibadahnya. Selain itu, Ia juga berharap jemaah dapat menjaga fisik selama penyelenggaraan ibadah haji di tanah suci.

"Ibadah haji adalah ibadah fisik maka tentu diharapkan jemaah haji dapat menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan banyak minum karena suasana Mekah dan Madinah cuaca cukup terasa panas", jelasnya.

Sedangkan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI H. Jaja Jaelani sebelumnya menyebutkan Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk para lanjut usia.

"Selama mengikuti bimbingan teknis, para petugas dilatih dan diingatkan agar lebih ramah dan peduli kepada jemaah, khususnya lansia", ungkapnya.

Kakanwil H Mahyudin selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang meyebutkan jemaah calon haji Kloter 1 telah diberangkatkan dengan total jemaah 393 orang.

"Jemaah kloter 1 yang berangkat melalui Embarkasi Padang, Alhamdulillah telah berhasil terbang menggunakan pesawat Garuda dan insyaallah akan mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.", ungkap Kakanwil.

Jemaah Calon Haji asal Kota Padang ini diketuai Tan Gusli dan Pembimbing Ibadah H Syalfamar dengan jumlah jemaah sebanyak 386 orang yang terdiri dari pria 150 dan wanita 236 serta petugas TPHD 2 orang, petugas Kloter 5 orang sehingga total jemaah menjadi 393 orang. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini