SAH! Krismadinata Jadi Rektor UNP Periode 2024-2029

×

SAH! Krismadinata Jadi Rektor UNP Periode 2024-2029

Bagikan berita
Krismadinata Rektor UNP perionde 2024-2029. (Foto: Istimewa)
Krismadinata Rektor UNP perionde 2024-2029. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Krismadinata telah secara sah terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) untuk masa jabatan 2024-2029.

Dalam pertarungan untuk posisi tersebut, Krismadinata berhasil meraih 17 suara dari total 24 suara anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UNP.

Keberhasilan Krismadinata ini mengalahkan dua kandidat lainnya, yaitu Prof Yohandri dengan enam suara, dan Refnaldi dengan satu suara.

Keputusan ini resmi tercantum dalam Surat Keputusan (SK) nomor 101/UN35.MWA/HK/2024 yang dikeluarkan oleh Majelis Wali Amanat UNP pada tanggal 8 Mei 2024.

Prof Alnedral, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP periode 2024-2029, menjelaskan bahwa proses pemilihan ini dimulai sejak 19 Januari 2024 dan melalui tahapan penjaringan, penyaringan, hingga pemungutan suara.

“Pemilihan ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama insan pers yang telah mensosialisasikan pemilihan Rektor ini, sehingga dirasa tidak ada hal yang negatif. Apa yang kami sampaikan, jelaskan, itu betul-betul sampai kepada masyarakat. Dari 11 calon menjadi tiga calon,” kata Alnedral.

Pemilihan ini mendapat dukungan luas, terutama dari media massa yang turut menyosialisasikannya, sehingga terjadi penyebaran informasi yang transparan dan positif. Dari 11 calon awal, akhirnya tersisa tiga calon yang bersaing.

Jabatan Rektor UNP yang sebelumnya akan berakhir pada tanggal 4 Juni 2024, dan pelantikan Rektor yang baru direncanakan pada tanggal 5 Juni 2024, namun akan dikonfirmasi secara resmi oleh Rektor.

Proses pemilihan tersebut dihadiri oleh 16 anggota MWA dan dipimpin oleh Ketua MWA UNP, Prof Dr Z Mawardi Effendi, serta diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Abdul Haris, Rektor UNP Prof Ganefri, dan perwakilan dari berbagai pihak termasuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif.

Dengan berakhirnya proses pemilihan, ditandai dengan proses rekapitulasi perolehan suara yang dipimpin oleh Ketua Panitia Pemilihan Rektor Prof Dr Alnedral dan disaksikan oleh saksi dari berbagai pihak, maka proses pemilihan Rektor UNP untuk periode 2024-2029 telah selesai. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini