Embarkasi Padang Siap Berangkatkan 6.592 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

×

Embarkasi Padang Siap Berangkatkan 6.592 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

Bagikan berita
Ilustrasi jemaah haji berangkat ke Tanah Suci. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi jemaah haji berangkat ke Tanah Suci. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang telah menyelesaikan persiapan untuk mengirimkan 6.592 calon jemaah haji ke Tanah Suci di tahun 1445H/2024.

Dari jumlah tersebut, 4.806 jemaah berasal dari Sumatera Barat, sementara 1.702 jemaah lainnya berasal dari Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, yang juga menjabat sebagai ketua PPIH Sumbar, mengungkapkan bahwa Embarkasi Haji Padang akan melaksanakan pemberangkatan bagi 6.592 calon jamaah haji.

Detailnya adalah 4.806 jamaah dari Sumbar dan 1.702 jamaah dari Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter.

“Embarkasi Haji Padang akan memberangkatkan 6.592 calon jamaah haji. Rinciannya 4.806 jamaah asal Sumbar, dan 1.702 jamaah asal Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter,” katanya Senin 6 Mei 2024.

Mahyudin menekankan bahwa tema musim haji tahun ini tetap "Haji Ramah Lansia". Sebagai respons, pihaknya telah melakukan simulasi pelayanan one stop service sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji tahun 2024, terutama bagi jemaah lansia yang akan diberikan prioritas pelayanan.

“Calon jamaah haji lansia kita prioritaskan karena kelompok ini butuh istirahat yang lebih banyak,” ujar Mahyudin.

Untuk memastikan pelayanan haji berjalan optimal, Kemenag Provinsi Sumbar menyelenggarakan simulasi berbagai tahapan one stop service bagi calon jamaah haji di Embarkasi Haji Kota Padang.

Layanan tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan, distribusi gelang identitas jamaah, biaya hidup, paspor, boarding pass, dan visa saat kedatangan jamaah haji di gedung aula penerimaan.

Ditambahkannya, bahwa calon jamaah haji lansia akan diprioritaskan karena membutuhkan istirahat yang lebih banyak.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini