Hadiah Rp3,5 Juta, Pemkab Solsel Adakan Lomba Buka Durian Tercepat 'Durian Unboxing Challenge'

×

Hadiah Rp3,5 Juta, Pemkab Solsel Adakan Lomba Buka Durian Tercepat 'Durian Unboxing Challenge'

Bagikan berita
Festival Durian 2024 di Solok Selatan. (Foto: Istimewa)
Festival Durian 2024 di Solok Selatan. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan lomba cepat memilih dan membuka Durian, atau Durian Unboxing Challenge sebagai salah satu rangkaian acara Festival Durian 2024.

Menariknya, lomba ini diperuntukkan untuk pelajar SMA dengan memperebutkan total hadiah Rp3,5 juta.

Sekretaris Dinas, Sendria Fardi mengatakan syarat lomba ini adalah bisa menebak kualitas Durian yang baik serta cepat dalam membukanya.

"Para peserta dari lomba Durian Unboxing ini akan menguji kemampuan mereka untuk mencium dan menebak kualitas isi durian sebelum dibuka," ujarnya, Jumat 19 April 2024.

Dikatakannya, ada sekitar 100 buah Durian telah disiapkan untuk di-unboxing oleh para peserta yang mayoritas adalah siswa SMA.

Untuk diketahui, total hadiah disediakan oleh Bank Nagari dan nantinya akan dibagikan kepada lima peserta dengan performa terbaik.

Pemenang pertama akan menerima Rp1 juta, diikuti oleh pemenang kedua dengan Rp800 ribu, ketiga Rp600 ribu, dan pemenang keempat serta kelima masing-masing mendapatkan Rp400 ribu dan Rp250 ribu.

Juri untuk lomba ini berasal dari Dinas Pertanian Solok Selatan, dan kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan selama Festival Durian.

Festival ini berlangsung di Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Solok Selatan, yang terkenal dengan pohon durian berusia ratusan tahun dan didukung oleh pemerintah provinsi, setelah Nagari ini ditetapkan sebagai kawasan agrowisata durian di Sumatera Barat.

Festival Durian ini adalah penyelenggaraan ketiga di Solok Selatan dan merupakan satu-satunya di Sumatera Barat.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini