Tarif Stabil, Dishub Targetkan Penumpang Trans Padang Meningkat 5 Juta di 2024

×

Tarif Stabil, Dishub Targetkan Penumpang Trans Padang Meningkat 5 Juta di 2024

Bagikan berita
Bus Trans Padang. (Foto: Istimewa)
Bus Trans Padang. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Ances Kurniawan, melaporkan peningkatan bertahap dalam jumlah penumpang Trans Padang setiap tahunnya.

Pada tahun 2021, tercatat sebanyak 1,2 juta orang menggunakan layanan ini. Angka tersebut meningkat menjadi 1,6 juta pada tahun 2022 dan melonjak lagi menjadi 2 juta penumpang pada tahun 2023.

"Pada tahun 2024 target penumpang Trans Padang adalah sebanyak 5 juta orang," kata Ances Kurniawan Jumat (19/4/2024).

Ia juga menambahkan bahwa armada baru yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang lebih nyaman siap melayani masyarakat.

Ances juga menegaskan bahwa tarif bus Trans Padang tetap stabil tanpa kenaikan sejak pertama kali layanan ini diluncurkan.

"Sementara tarif bus Trans Padang tetap dan belum mengalami kenaikan sejak awal hadirnya Trans Padang," kata Ances.

Tarif yang berlaku saat ini adalah Rp 3.500 untuk penumpang umum dan Rp 1.500 untuk pelajar, sesuai dengan keputusan Walikota Padang Nomor 421 tahun 2022 tentang tarif angkutan perkotaan.

Lebih lanjut, Ances menguraikan bahwa Trans Padang tidak hanya memfasilitasi kegiatan sehari-hari warga, tetapi juga berpotensi meningkatkan perekonomian lokal dengan memudahkan akses ke berbagai wilayah di Kota Padang.

"Sebagai moda transportasi utama yang murah, aman, dan nyaman, Trans Padang bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di kota," katanya.

Ditambahkannya, keberadaan Trans Padang merupakan langkah Kota Padang menuju perkembangan sebagai kota yang cerdas, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini