Gunung Ruang Erupsi Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 3 Kilometer, Status Awas!

×

Gunung Ruang Erupsi Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 3 Kilometer, Status Awas!

Bagikan berita
Gunung Ruang erupsi keluarkan abu vulkanik setinggi 3 kilometer. (Foto: Twitter X @sarahandybay)
Gunung Ruang erupsi keluarkan abu vulkanik setinggi 3 kilometer. (Foto: Twitter X @sarahandybay)

HALONUSA - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, pada Rabu, 17 April 2024, mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 3 kilometer seperti yang diinformasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," kata Julius Rampolii, Petugas Pos Pengamatan Gunung Ruang, Rabu, dikutip Antara, Kamis, 18 April 2024.

Erupsi terjadi malam ini pada pukul 20.15 WITA. Letusan eksplosif tersebut memunculkan fenomena alam kilatan petir vulkanik.

Sebelumnya, pada Selasa (16/4/2024), PVMBG meningkatkan status Gunung Ruang dari Normal menjadi Waspada mulai pukul 10.00 WITA.

Pada pukul 16.00 WITA pada tanggal yang sama, PVMBG kembali meningkatkan statusnya dari Waspada menjadi Siaga berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang agar tetap waspada dan menghindari memasuki wilayah radius empat kilometer dari pusat kawah aktif gunung api bertipe strato tersebut.

Gunung Ruang secara administratif terletak di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Aktivitas Gunung berapi tersebut diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini