Bawaslu Pasaman Barat Minta Masyarakat Lapor Jika Temukan Pelanggaran

×

Bawaslu Pasaman Barat Minta Masyarakat Lapor Jika Temukan Pelanggaran

Bagikan berita
Ilustrasi Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024

HALONUSA.COM - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat meminta masyarakat turut serta dalam pengawasan Pemilu 2024.

"Ayo laporkan saja. Jangan takut. Partisipasi masyarakat sangat kami harapkan," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pasaman Barat Aditia Pratama.

Ia meminta masyarakat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan, sehingga akan tercipta Pemilu yang damai dan berkeadilan.

Menurutnya, saat ini pihaknya terus meningkatkan sosialisasi kepada kaum milenial untuk aktif mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024.

Ia menjelaskan diantara yang dilakukan adalah menggalakkan sosialisasi ke masyarakat pinggiran dengan tatap muka langsung, pertemuan dengan kelompok organisasi masyarakat, artinya peserta sosialisasinya tidak dari perwakilan, melainkan seluruh anggota.

Kemudian pendidikan atau sekolah demokrasi atau sekolah kader pengawas pemilu, membentuk paguyuban atau kelompok komunitas perempuan seperti "perempuan berdaya mengawasi" dan komunitas Gen-Z pengawasan digitalisasi.

Lalu sosialisasi dalam bentuk dialog interaktif dengan kelompok masyarakat, kelompok pemuda dan lain lain, seminar talk show, FGD, dan menggalakkan media digital ini dengan melibatkan kaum Gen-Z.

"Sehingga melalui digital ini nanti bisa memberi akses bagaimana memberi ruang kepada masyarakat dalam melakukan pengawasan di era digitalisasi saat ini," sebutnya.

Pihaknya mengakui bahwa jumlah personil sangat terbatas hanya memiliki 90 orang pengawas untuk mengawasi 11 kecamatan dengan 90 nagari atau desa.

Untuk itu, katanya, dengan keterbatasan personil pengawas maka pihaknya melibatkan berbagai elemen dalam rangka pengawasan setiap tahapan Pemilu 2024. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar