Asal Usul Nama Daerah 2x11 Enam Lingkung di Padang Pariaman, Sumatera Barat

×

Asal Usul Nama Daerah 2x11 Enam Lingkung di Padang Pariaman, Sumatera Barat

Bagikan berita
Salah satu sekolah di wilayah 2x11 Enam Lingkung di Sumbar. (Foto: SMAN 1 2x11 Enam Lingkung)
Salah satu sekolah di wilayah 2x11 Enam Lingkung di Sumbar. (Foto: SMAN 1 2x11 Enam Lingkung)

HALONUSA.COM - Sumatera Barat (Sumbar) selain dikenal dengan tempat wisata dan kulinernya, ternyata juga memiliki beberapa ragam keunikan.

Salah satunya ialah terkait penamaan sebuah daerah dengan angka, dimana pemberiaan nama tersebut didasarkan pada sejarah serta latar belakang masyarakatnya.

Nama daerah tersebut ialah 2x11 Enam Lingkung, daerah yang berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman Sumbar.

Adapun penamaan daerah 2x11 Enam Lingkung di Padang Pariaman, Sumbar yang juga memiliki sejarah latar belakang dan sudah melegenda dari mulut ke mulut.

Baca juga:

Untuk diketahui, penamaan suatu daerah yang melampirkan angka dan huruf cukup familiar. Buktinya, telah banyak wilayah di Indonesia yang menggunakan istilah tersebut.

Namun 2x11 Enam Lingkung di Padang Pariaman, Sumbar juga mencakup perkalian. Nama daerah dengan penggunaan perkalian ini, menjadi satu-satunya di Indonesia. Kira-kira apa ya alasannya?

Asal Usul Penamaan 2x11 Enam Lingkung

Sebelum mengetahui asal-usul penamaan daerah 2x11 Enam Lingkung yang merupakan salah satu kecamatan di Padang Pariaman, Sumbar.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung baru mengalami pemekaran penduduk sejak 2000 menurut Undang Undang Otonomi daerah tahun 1999.

Berasal dari Nagari Sicincin, Sungai Asam, dan Lubuak Pandan yang kemudian diperluas pembagian otonominya menjadi Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kecamatan Enam Lingkung, dan Kecamatan 2x11 Kayutanam.

3 Kecamatan tersebut berpusat pada Sicincin yang letaknya sekitar 21 km di utara dari pusat pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman dan 48 km dari Kota Padang.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini