4 Masjid Terkecil di Dunia, Nomor 3 Ada di Sumbar

×

4 Masjid Terkecil di Dunia, Nomor 3 Ada di Sumbar

Bagikan berita
Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab (foto: wikipedia)|Masjid Dhai Seedhi Ki, India (foto: 123RF)|Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa)
Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab (foto: wikipedia)|Masjid Dhai Seedhi Ki, India (foto: 123RF)|Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa)

HALONUSA.COM - Pada artikel ini, terdapat rangkuman terkait 4 masjid terkecil di dunia dan di nomor 3 bangunannya ada di Sumatera Barat (Sumbar).

Kamu dapat menjadikan beberapa masjid tersebut sebagai tempat wisata religi selama bulan Ramadhan 2023, kunjungi lah saat menunggu waktu berbuka puasa sore harinya.

Untuk diketahui, sebuah bangunan dapat dikatakan masjid apabila sudah memenuhi beberapa syarat. Salah satunya, dapat memuat paling kurang 40 jemaat sholat Jumat.

Namun, beberapa masjid berdasarkan rangkuman Halonusa di bawah ini ada yang memuat 5 orang saja. Tentu, penggunaan masjid tersebut tidak maksimal dalam penampungan lebih banyak jemaah.

Baca juga:

Kemungkinan karena kapasitas pembangunannya sudah sejak berabad-abad lalu adalah salah satu alasan penamaannya sebagai masjid, kemudian pamornya makin dikenal dari masa ke masa hingga sekarang.

4 Masjid Terkecil di Dunia

1. Masjid MIR Mahmood Shah, India

[caption id="attachment_50359" align="aligncenter" width="600"]Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa) Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa)[/caption]

Melansir travel okezone, Masjid MIR Mahmood Shah di India ini hanya memuat 5 orang saja dengan ruangan setara ruang keluarga tapi memiliki sejarah pembangunan.

Masjid MIR Mahmood Shah, India didirikan pada masa Dinasti Qutb Shahi abad ke-16 dan dinamai oleh seorang sufi dari Irak masa itu. Namun sekarang, penggunaannya sudah tak dipakai lagi.

Ukurannya hanya 10,21 meter dan setinggi 530 meter di atas permukaan laut yang dibangun oleh tentara muslim dengan arsitektur khas Qutb Shahi untuk menarik wisatawan berkunjung.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini