Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan Bertahap, Dinas Kesehatan Harus Siapkan 6 Langkah Berikut

×

Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan Bertahap, Dinas Kesehatan Harus Siapkan 6 Langkah Berikut

Bagikan berita
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Fernando Zhiminaicela-pixabay.com)
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Fernando Zhiminaicela-pixabay.com)

HALONUSA.COM - Memastikan pelaksanaan vaksinasi tersebut berjalan baik, diperlukan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan.

Rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19, kepala dinas kesehatan provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia diminta segera mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya.

Berikut pemetaan yang mesti dilakukan:

  • Melakukan pemetaan sasaran prioritas penerima vaksin sesuai dengan kriteria dan merencanakan fasilitas pelayanan kesehatan serta sumber daya lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing.
  • Pelayanan vaksinasi dilakukan oleh Puskesmas maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya miliki pemerintah dan swasta yang ditunjuk oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat yang pelaksanaannya sesuai sesuai dengan ketentuan peraturan peundang-undangan.
  • Baca juga:

  • Penerapan protokol kesehatan dalam pemberian pelayanan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Akses Vaksin Covid-19, Presiden Joko Widodo Dorong Negara G20

  • Dinas kesehatan daerah provinsi dan kabupaten/kota menetapkan koordinator atau penanggungjawab pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk mempermudah koodinasi lebih lanjut.
  • Dinas kesehatan daerah provinsi dan kabupaten/kota mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak mengganggu pelayanan vaksinasi rutin dan pelayanan kesehatan esensial lainnya.
  • Dinas kesehatan daerah kebupaten/kota mengoptimalkan kegiatan surveilans Covid-19 termasuk pelaporannya.

Tahap pertama akan dilaksanakan dengan prioritas sasaran tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya, dan pemberi pelayanan publik termasuk TNI/Polri dan aparat hukum.

Dirjen Prof Kadir mengharapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan lancar sampai pada tahapan tahapan selanjutnya dalam memvaksinasi masyarakat Indonesia.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini